• Kamis, 8 Desember 2022

Ridwan Kamil Beri Nasehat menohok ke Baim Wong Soal CFW, Ini Isinya

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:57 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

 

 



LENSABANTEN.COM - Istri dari Youtuber Baim Wong, Paula Verhoeven disebut telah mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) ke Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI).

Lewat perusaan PT Tiger Wong, CFW didaftarkan ke HAKI. Namun hal ini justru menuai kontroversi lantaran banyak warganet yang tidak setuju karena dinilai komersial.

Banyak warganet hingga tokoh nasional yang menyoroti aksi Paula Verhoeven tersebut yang justru mengambil keuntungan sepihak tanpa memperhatikan sejumlah aspek lainnya.

Salah satu tokoh nasional yang memberikan komentar ialah Ridawan Kamil yang juga menuliskan rangkaian kalimat nasihat dan sudut pandang pikirannya terkait hal ini.

Baca Juga: Terungkap! Ini Alasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Cabut Izin Usaha Holywings

"Dear Baim Wong dkk,

Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula.

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.

Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional.

Baca Juga: Ekspor Kota Tangerang Capai USD 1,9 Milyar

Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture.

(Paula Verhoeven di CFW) Mengenal PT Tiger Wong Entertainment, Perusahaan Baim Wong yang Digunakan untuk Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week (Instagram/ paula_verhoeven)


Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur.

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda.

Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini.

Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya.

Hatur Nuhun," seperti dikutip PortalJember.com dari akun Instagram @ridwankamil yang diunggah pada 25 Juli 2022.***





Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikmati PIK 2 dengan Suasana Amsterdam

Minggu, 13 November 2022 | 10:27 WIB

Saksikan Art Musik Festival di The 101 Hotel

Rabu, 9 November 2022 | 14:49 WIB
X