• Kamis, 8 Desember 2022

Suhu Dieng Mencapai -1 Celcius, Embun Es Muncul di Kawasan Candi

- Kamis, 30 Juni 2022 | 10:40 WIB
Embun es kembali selimuti dataran tinggi Dieng (Dok Instagram @ora_alone)
Embun es kembali selimuti dataran tinggi Dieng (Dok Instagram @ora_alone)


LENSABANTEN.COM - Salah satu hal yang menarik saat kita berwisata ke kawasan Dieng, Jawa Tengah yakni dapat menyaksikan embun es  yang jarang terjadi.

Fenomena itu menjadi hal yang paling ditunggu dan dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Diketahui, suhu udara di kompleks Candi Arjuna, Dieng turun hingga minus 1 derajat celsius hingga membuat embun beku pagi ini, Kamis 30 Juni 2022.

Baca Juga: Pemerintah Resmi Menetapkan Idul Adha 10 Juli 2022

Diketahui dari akun instagram @ora_alone, suhu di Dieng, terutama desa Dieng Kulon mencapai minus satu derajat celsius (-1°C).

“Musim dingin telah tiba. Suhu di kawasan dieng pagi ini kembali mencapai titik beku, terlihat embun es di beberapa lokasi,” tulis @ora_alone dalam unggahannya.

Bahkan ia menambahkan bahwa pada dini hari, suhu udara di kawasan Dieng mencapai hampir minus dua derajat celsius (-2° C)

Baca Juga: Liburan Bersama Staycation On Ice Package di Hotel Santika Premiere Bintaro


Sementara itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami menjelaskan, wisatawan diimbau untuk lebih mempersiapkan diri sebelum berlibur ke dataran tinggi Dieng. Sebab, saat musim kemarau suhu udara di dataran tinggi Dieng lebih dingin dibanding sebelumnya.

"Salah satu yang menjadi daya tarik Dieng adalah adanya embun es. Karena ini kan fenomena yang langka. Biasanya muncul es saat musim kemarau dan cuaca hari sebelumnya cerah," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Wisata Dieng Sri Utami


Dieng sendiri memang kerap kali memunculkan embun es ketika suhu mencapai titik beku.

Baca Juga: Isi Liburan, Warga Tangsel Beri Pelatihan Bahasa Inggris Gratis untuk Anak-Anak

Namun beberapa warga yang sudah sering menjumpai fenomena embun es mengatakan jika embun es akan lebih sering muncul ketika Indonesia tengah mengalami musim kemarau.

"Pagi ini embun di Dieng kembali membeku. Di antaranya terlihat di Candi Arjuna, Dharmasala, dan di lapangan di sebelah candi," kata Utami.

Ia mengatakan, hingga saat ini, munculnya embun es belum sampai berdampak pada pertanian kentang milik warga. Embun es atau warga Dieng menyebut bun upas ini bisa membuat daun layu, hingga tanaman mati. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikmati PIK 2 dengan Suasana Amsterdam

Minggu, 13 November 2022 | 10:27 WIB

Saksikan Art Musik Festival di The 101 Hotel

Rabu, 9 November 2022 | 14:49 WIB
X