Wisata Pulau Umang Banten Pesona Keindahan Lautan Indonesia

LensaBanten – Destinasi wisata Pulau Umang Banten pesonanya memang sudah sangat dikenal kalangan traveler, tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik saja, bahkan juga juga oleh wisatawan mancanegara.

Kawasan Pulau Umang telah dijadikan sebagai pilihan wisata bagi masyarakat pencinta traveling pantai dan pesona laut Indonesia. Lokasinya terbilang dekat dari Jakarta, tujuan wisata yang satu ini juga memang sangat menarik untuk disambangi.

Wilayah Banten merupakan salahsatu daerah di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan memiliki sejarah panjang, juga budaya yang original sehingga tidak heran jika provinsi yang paling barat ini dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Sejumlah tempat wisata pantai menarik seperti Pantai Anyer (Serang) dan Pantai Carita (Pandeglang) sudah menjadi pilihan banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.

Seiring perkembangan zaman,  kawasan pantai lain yang di Provinsi Banten juga mulai berbenah agar bisa masuk kedalam salah satu tujuan wisata pantai yang mampu memberikan pengalaman berwisata menarik. Oleh karenanya terdapat juga wisata pulau unik yang bisa dijadikan tujuan wisata pantai, yakni kawasan wisata Pulau Umang.

Wisata Pulau Umang Banten

wisata pulau umang BantenTak hanya soal keunikan, Pulau Umang menjadi tujuan wisata lantaran keindahan pemandangan dan keadaan pantai serta lautnya yang masih alami bahkan belum terkena polusi.

Perairan biru, pasir putih dengan ombak yang tenang tentu akan bisa membuat  betah berlama-lama di pulau yang terletak di selat Sunda. Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan seperti berenang, olahraga pantai, memancing, bermain wahana banana boat bahkan snorkeling.

Bisa dikatakan daya tarik wisata Pulau Umang ini memang layak dibandingkan dengan Pantai Carita ataupun Anyer dengan beberapa kelebihan yang bisaditemui dikawasan wisata ini.

Untuk masyarakat yang terbiasa hidup di kota, objek wisata Pulau Umang Banten merupakan pilihan yang menarik untuk melepas kepenatan dari  berbagai rutinitas dan hiruk pikuk suasana perkotaan.

Kawasan wisata yang berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten dengan akses infrastruktur yang baik bisa menjadi perjalanan menyenangkan. Dengan luas area sekitar 5 Ha kawasan Pulau Umang merupakan bagian wilayah Banten Selatan.

Jarak menuju kawasan Pulau Umang Banten dari Jakarta untuk sampai ke Kecamatan Sumur melalui Pandeglang lebih kurang sekira 183 km, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Setelah tiba di Kecamatan Sumur, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat dengan waktu tempuh untuk perjalanan sekitar 10 menit untuk sampai di Pulau Umang.

lokasi pulau umang

Rute Perjalanan Wisata Pantai Umang

Rute perjalanan bisa melalui tol Jakarta-Merak, keluar Pintu tol Serang Timur (km 71), selanjutnya menempuh perjalanan ke Labuan, Pandeglang dan mengambil arah perjalanan ke Kecamatan Sumur.

Selain rute tersebut, juga bisa melalui tol Jakarta-Merak dan keluar pintu tol Cilegon Barat. Selanjutnya jalur pantai Anyer menuju Labuan, jalur selanjutnya melalui rute pertama yang telah disebutkan untuk lokasi Pulau Umang.

Saat ini telah dibuka pintu tol Cikande, rute ini juga bisa jadi pilihan perjalanan dengan melalui Rangkas Bitung menuju Labuan, Pandeglang selanjutnya menuju Kecamatan Sumur

Setelah sampai di Kecamatan Sumur, Anda akan dimintai tiket untuk menyebrang ke Pulau Umang. Namun, jika Anda membawa kendaraan, Anda juga bisa parkir di wilayah tersebut.

Mengenai biaya penyeberangan menggunakan speedboat  ke Pulau Umang pengunjung dikenakan biaya sebesar 100 ribu rupiah per orang.

kegiatan snokling wisata pulau umang

Kegiatan Wisata Pulau Umang

Di Pulau Umang pengunjung bisamelakukan kegiatan sebagai berikut; snorkeling, bermain wahana banana boat, jet ski, olahraga pantai, berjemur atau sekedar memancing.

Untuk snorkeling, pengunjung bisa memilih Pantai Oar, perairan dengan ombak yang tenang tentu akan mengasyikkan untuk menyaksikan pemandangan bawah laut selat Sunda.

Hanya perlu menyeberang sedikit dari Pulau Umang menuju Pantai Oar. Pengalaman mengesankan dengan melihat berbagai terumbu karang yang indah dan masih alami.

Terdapat juga arena  outbond yang bisa dinikmati. Oleh karenanya wisata Pulau Umang ini juga cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tersedia juga arena bermain untuk anak-anak seperti kolam renang khusus dengan view laut lepas.

Kuliner

Tak perlu bingung soal makanan,  kuliner  aneka seafood  di Pulau Umang cukup lengkap, pengunjung bisa menikmati masakan khas pesisir. Terdapat beberapa restoran yang siap melayani pengunjung dan akan membuat lidah bergoyang dengan sajian aneka masakan.

Selain itu, terdapat beberapa restoran yang menyediakan live musik sebagai hiburan bagi para pengunjung.

Berlibur ke kawasan wisata Pulau Umang Banten ini ada baiknya dilakukan pada Bulan Juni atau Juli, karena pada waktu tersebut laut dan langit biasanya sedang dalam keadaan cerah.

penginapan wisata pulau umang Banten

Penginapan

Soal penginapan pengunjung tak perlu khawatir, terdapat beberapa resort yang telah tersedia, selain itu ada juga cottage atau vila untuk memenuhi kebutuhan penginapan saat berlibur di kawasan wisata Pulau Umang.

Fasilitas hotel dan penginapan cukup memadai, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas spa, kolam renang, bahkan sarana olahraga. Beberapa penyedia jasa pengiunapan bahkan sudah menyediakan paket snorkeling agar lebih memudahkan pengunjung. Berlibur di kawasan ini akan memberikan kenikmatan dan pengalaman tersendiri saat berlibur di wilayah Banten.

Oleh-oleh & Souvenir

Obyek wisata di Banten rata-rata sudah dikelola untuk itu tak perlu khawatir soal oleh-oleh, wisatawan bisa menemukan banyak toko Suvenir khas Pulau Umang atau oleh-oleh lainnya  sepanjang perjalanan.

Agar tidak menjadi kendala, sebagai langkah antisaipasi wisatawan perlu melakukan reservasi penginapan  sebelumnya, lantaran penginapan di Pulau Umang biasanya selalu ramai saat musim liburan. pada saat hari biasa  pun alangkah baiknya jika melalukan reservasi terlebih dahulu sehingga pengunjung tidak perlu repot tidak kebagian tempat menginap, apalagi untuk liburan panjang. (ag)

Comment

Feed