Liburan Istimewa Wisata Pulau Tunda Di Banten

LensaBanten – Surga wisata pulau Tunda terletak di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Pulau Tunda merupakan sebuah nama pulau kecil yang berada di perairan utara teluk Banten yang berpenghuni sekitar 3000 orang menurut data yang berhasil dihimpun pada tahun 2017.

Sekilas dilihat dari udara, pulau ini tampak seperti bentangan tanah memanjang yang ada ditengah lautan. Dengan luas area sekitar 300 hektar. Selain pemukiman penduduk di pulau kecil ini juga terdapat beberapa spot menarik yang sangat layak untuk dijadikan tempat wisata.

Wilayah Pulau Tunda masih masuk dalam gugusan pulau seribu yang terkenal akan spot snorkeling yang indah. Keindahan pulau yang tersembunyi ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan wisata di Banten dengan berbagai keseruan seperti berkeliling pulau dan melihat petani rumput laut sedang mengelola lahannya.

Obyek wisata Pulau Tunda

Tak hanya itu, dengan mengunjungi pulau Tunda, bisa berlayar sambil melihat pemandangan laut serta aktifitas kerumunan lumba-lumba. Sudah barang tentu ini menjadi pengalaman menarik selain memanfaatkan waktu wisata dengan mancing disekitar pantai.

Jangan lewatkan juga untuk mencoba wahana snorkeling dengan terumbu karang dan ikan yang cantik sambil berenang dan menyelam disalah satu spot wisata pulau tunda.

Untuk menikmati wahana snorkeling, pengunjung dapat melakukannya di bagian barat pulau Tunda atau spot snorkeling Villa Cemara dan Mercusuar.

Sedangkan untuk melakukan diving (menyelam) bisa dilakukan kapanpun anda inginkan.

spot terumbu karang pulau tunda

Lokasi memancing nyaman untuk memancing bisa dilakukan disekitaran pulau seperti di dermaga atau sekitar spot diving.

Memasuki senja hari, anda akan melihat matahari terbenam dengan indah di dermaga pantai seputih. Didermaga yang dijuluki ‘Dermaga Gaulau’ inilah, anda bisa menikmati hembusan angin pantai yang mengoda dan panorama laut biru dengan ombak yang cantik, dapat membantu menenangkan pikiran anda serta melupakan setiap masalah yang anda hadapi.

Tak hanya pantai yang cantik, area pulau Tunda memiliki hamparan sawah dan kawasan perbukitan yang hijau. Terdapat juga lokasi pemukiman pedasaan yang menarik. Nama desa Wargasara menjadi tempat yang harus kunjungi, keramahan warganya membuat salah satu daya tarik tersendiri. Umumnya aktifitas  warga desa Wargasara adalah bertani dan nelayan.

wisata pulau tunda nampak dari atas
Pulau Tunda tampak dari atas

Akses Wisata Pulau Tunda

Untuk berkunjung ke pulau Tunda, pengunjung  dapat melakukan perjalanan dari beberapa rute perjalanan.

Pertama dari Tol Jakarta-Merak keluar pintu Tol Serang Timur, selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan menuju dermaga Karangantu, Banten. Setelah dari Karangantu, anda bisa menyewa perahu kayu atau menggunakan KMP Tunda. Untuk mencapai pulau Tunda waktu tempuh perjalanan yang butuhkan sekitar 2 jam dengan perahu, sedangkan bila menggunakan kapal boat akan lebih cepat lagi.

Sekarang ini sudah banyak jasa tour yang menawarkan paket wisata Pulau Tunda. Bermacam penawaran menarik bagi wisatawan yang  ingin berlibur ke pulau indah di Banten ini dapat dinikmati dengan banyak kemudahan. Pengunjung bisa mengambil paket wisata dengan menginap dan kegiatan wisata lainnya yang tersedia.

Dengan memesan paket tour pengunjung bisa lebih hemat berwisata di pulau Tunda. Memanfaatkan trip santai ke pulau Tunda salah satu destinasi wisata Banten yang masih alami bersama keluarga atau bersama teman-teman sambil melihat keindahan alam dengan mengambil paket wisata Pulau Tunda yang banyak ditawarkan biro tour dan sejenisnya.

Comment

Feed