Wisata Pulau Burung, Cagar Alam Surga Para Burung di Banten

LensaBanten – Wisata Pulau Burung merupakan tempat yang tepat bagi para pecinta burung khususnya lantaran berbagai jenis burung banyak terdapat di pulau yang biasa juga disebut Pulau Dua ini. Salah satu destinasi wisata di Banten ini bisa dijadikan tujuan untuk lebih mengenal mengenai berbagai jenis burung di Pulau dua.

Pulau ini merupakan sebuah cagar alam yang menjadi habitat berbagai jenis burung yang hidup di antara timbulnya beragam vegetasi. Kawasan cagar alam ini berada di desa Sawahluhur, kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten.

Pulau Dua ini telah dinobatkan sebagai kawasan cagar alam berdasarkan keputusan dari pemerintah kabupaten Serang tahun 1977 dan juga sebagai tempat penelitian, pengembangan ilmu, pendidikan dan penunjang budidaya sesuai Peraturan Pemerintah No. 68 tahun 1998. Tidak hanya itu, melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 253/KptsII/1984 Tanggal 26 Desember 1984 kawasan Pulau Dua juga ditetapkan sebagai Cagar Alam dengan luas 30 ha sebagai tempat perlindungan berbagai jenis burung.

spot dermaga wisata pulau burung

Sebelumnya di tahun 1978 kawasan ini merupakan sebuah selat sepanjang kira-kira 500 meter yang memisahkan Pulau Dua dengan Pulau Jawa. Lantaran tertimbun pasir dan lumpur selat yang panjangnya sekitar 500 meter dengan luas  area 8 hektar menghilang. Kemudian kejadian alam tersebut menjadikan pulau dua (pulau burung,red) mengalami perluasan dengan luas area menjadi 30 hektar.

Selain tanaman mangrove yang merupakan bagian dari habitat burung yang tinggal di cagar alam tersebut, berbagai jenis tanaman lain tumbuh di pulau ini seperti tanaman kepuh dan pohon ketapang.

Rute Menuju Tempat Wisata Pulau Burung

rute menuju wisata pulau burung

Ketika hendak melakukan perjalanan mengunjungi Pulau Burung ini, wisatawan bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dari arah Jakarta melalui jalan Tol Jakarta – Merak keluar melalui pintu Tol Serang Timur.

Selanjutnya menempuh jalur perjalanan menuju arah kecamatan Kasemen atau bisa juga ke pelabuhan Karangantu. Untuk mencapai pulau tersebut wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju pulau burung.

Selain rute tersebut juga bisa menempuh perjalanan melalui Tol Jakarta –  Merak kemudian keluar pintu Tol Serang Barat,  selanjutnya menuju arah kecamatan Kasemen seperti rute yang telah disebut sebelumnya.

Spot Wisata Pulau Burung

 

hutan mangrove wisata pulau burung

Memasuki kawasan pulau burung, wisatawan diminta untuk mengisi buku tamu di pos penjagaan cagar alam. Setelah mengisi buku tamu wisatawan dapat menuju spot melihat burung melalui menara pemantau habitat burung yang biasanya digunakan oleh para petugas untuk memantau, menara tersebut memiliki tinggi sekira 6 meter. Dengan ketinggian tersebut selain melihat burung wisatawan juga dapat menyaksikan kawasan hutang mangrove dan wilayah pesisir Banten dengan lautannya.

Di pulau ini wisatawan juga akan menemukan berbagai jenis hewan  lain seperti biawak, kadal serta berbagai jenis hewan yang hidup di hutan mangrove.

Meski kawasan ini konturnya daratannya berpasir, berlumpur dan juga  berkarang serta belum ada penginapan. Namun, pengunjung juga masih bisa bermalam ditempat ini jika memang menginginkannya.

Terdapat sebuah lokasi yang ditumbuhi banyak pohon yang sudah berusia tua, pengunjung bisa mendirikan tenda untuk menginap. Deburan ombak malam yang menghantam batuan karang di sepanjang pantai bisa menjadi spot memancing yang asyik dimalam hari

Habitat Burung di Pulau Dua

spot cagar alam wisata pulau burung

Pulau tempat habitat berbagai jenis burung ini, menurut pakar lingkungan pada zaman Hindia Belanda, pulau ini dihuni oleh sekitar 71 jenis burung. Diantara burung-burung itu terdapat 14 jenis burung berbiak seperti Mycteria Cinerea, menurut sebuah sumber keberadaannya di muka bumi hanya sekitar 6000 ekor saja, dari jumlah tersebut sebanyak  95% terdapat di Nusantara.

Pada tahun 1998, habitat burung di pulau burung bertambah menjadi sebanyak 110 spesies, separuh diantaranya merupakan jenis burung air. Tempat ini dikenal juga sebagai surga perkawinannya para burung, oleeh karenanya pulau ini bisa menjadi salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan bersama dengan keluarga untuk menyaksikan keberadaan berbagai jenis burung.

Selain mengenal berbagai jenis burung di kawasan pulai ini para wisatawan juga akan dapat menikmati pemandangan alam berupa hutan mangrove dan juga suasana pantai atau bisa juga hanya untuk sekedar menghabiskan waktu bagi para penghobi mancing.  (lb/dbs)

Comment

Feed