Sungai Cigenter, Pesona Alami ‘Amazon Banten’ nan Menantang

LensaBanten – Jika menyukai destinasi wisata alam yang menantang dan apabila kebetulan anda di seputaran Banten maka destinasi yang kami sarankan adalah sungai Cigenter.

Bukan tanpa pasal, karena sungai Cigenter yang juga populer dengan julukan ‘amazon Banten’ ini memang menyimpan pesona alam yang masih menghijau alami, mempesona dan medannya cukup menantang. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Tentang Destinasi Sungai Cigenter dan Pesonanya

Sungai Cigenter adalah sungai yang memiliki kedalaman hingga 6 meter dengan air yang tampak kehijauan dan arusnya tenang. Nah, Anda bisa melakukan sedikit petualangan di sini dengan cara mengikuti aktifitas canoeing atau menyusuri sungai hanya dengan menggunakan perahu kecil atau kayak dengan kapasitas antara 4 orang hingga 6 orang.

Sungai ini disebut sebagai ‘Amazon’ bukan tanpa alasan. Anda akan ditemani oleh pemandangan berupa hutan bakau yang hijau di kiri kanan Anda, dan Anda pun sepertinya harus relah untuk ‘diintip’ oleh penghuni pulau. Ya benar pulau, perlu Anda ketahui disini bahwa Sungai Cigenter ini terletak di sebuah pulau yang luasnya kira-kira 220 ha, dan namanya Pulau Handeuleum.

mengarungi sungai sigenter

Akan ada beberapa pasang mata yang mengintip para pengunjung, sekedar informasi, bahwasanya penghuni asli Pulau Handeuleum ini adalah hewan buas seperti ular piton yang biasa melilit pepohonan serta buaya yang bisa tiba-tiba saja menyembul ke permukaan. Selain kedua hewan tersebut, jika beruntung Anda bisa berjumpa dengan kera, badak bercula satu dan rusa juga nantinya.

Memang sedikit mengkhawatirkan dengan keberadaan si piton dan buaya ini ya. Tetapi, tenang saja, Anda tidak akan dilepas untuk menyusuri sungai sendirian karena Anda nantinya akan ditemani oleh seorang pemandu sungai yang telah berpengalaman. Dan sebaiknya Anda mendengarkan instruksi-instruksi yang diberikan supaya penjelajahan bisa berjalan dengan lancar ya.

Nah, di bagian ujung Sungai Cigenter ini terdapat air terjun yang sebenarnya bisa menjadi sajian yang cukup indah untuk para pengunjung. Tetapi, ada saat dimana batang pohon melintas, dan membuat pengunjung tidak bisa menikmati pemandangan air terjun karena jalan menuju air terjun hanya ada satu itu.

Lokasi dan Cara Menuju ke Sungai Cigenter

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas bahwasanya Sungai Cigenter ini ada di Pulau Handeuluem yang merupakan bagian dari gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut Pantai Semenanjung Ujung Kulon.

Sedangkan cara untuk menuju ke sana, pertama kali yang harus Anda capai adalah Desa Paniis, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang terlebih dahulu untuk memarkirkan kendaraan dan kemudian menyewa perahu yang bisa berkapasitas maksimal 20 orang untuk mengantarkan Anda menuju ke Pulau Heundeuleum.

Jangan khawatirkan kendaraan Anda, karena keamanannya sudah terjamin di sini.
Setibanya di sana, Anda masih harus membayar tiket masuk kemudian menyewa perahu kecil lagi yang kapasitasnya hanya 4 orang hingga 5 orang untuk menyusuri sungai sepanjang 12 km.

Nah, itu dia review detail mengenai Sungai Cigenter yang bisa kami bagikan kepada Anda. Objek wisata ini cukup sukses menarik minat banyak wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Dan jika Anda juga menaruh minat pada objek wisata ini, sebaiknya lakukan persiapan dengan maksimal, dan segera tentukan tanggal untuk berangkat.

Dan sekali lagi kami ingatkan, demi keamanan Anda, dan demi kenyamanan ‘penghuni’ Pulau Handeleum juga, sebaiknya Anda ikuti instruksi yang diberikan oleh pemandu ya.

Comment

Feed