Hilangkan Penat ke Rumah Hutan Cidampit, Wisata Alam di Kota Serang

LensaBanten – Untuk sekedar menghilangkan penat, kejenuhan dan lelah setelah selama bekerja, warga Banten bisa bersantai dan beristirahat di Rumah Hutan Cidampit. Dijamin Anda akan bisa melupakan sejenak kesibukan kerja karena bisa langsung bersentuhan dengan alam.

Terletak di Kampung Cidampit, Desa Bojong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. Rumah tersebut lebih mirip anjungan rumah yang terletak di tengah hutan. Namun, tetap ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Apalagi menjelang akhir pekan, pengunjung cukup banyak.

Rumah hutan ini memiliki sensasi yang berbeda. Pengunjung tidak menemukan gemerlap lampu, melainkan aneka suara satwa. Destinasi wisata Rumah Hutan Cidampit ini memiliki keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Wisata tersebut memiliki keindahan yang sangat menarik, sudah barang tentu akan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Sangat sesuai untuk mengisi kegiatan liburan, atau sekedar jalan-jalan sore bersama orang tersayang. Selain keindahan alamnya juga dilengkapi fasilitas seperti saung tempat rebahan.

Diketahui, sebelumnya rumah hutan ini hanya untuk kebutuhan pemilik pribadi tidak diperuntukkan umum. Namun berjalannya waktu, satu persatu pengunjung mengetahui keberadaan rumah hutan ini.

Kemudian pengelola memperbolehkan pengunjung umum untuk bisa masuk tanpa dipungut biaya masuk sepeserpun alias gratis. Meski demikian, pengelola hanya meminta pengunjung menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarang.

Luasnya sekitar 6.000 m2 ditumbuhi pohon-pohon besar. Ia mengajak beberapa warga untuk menatanya. Pohon-pohon yang tidak perlu dibabat, sehingga beberapa pohon durian tampak indah seperti bonsai raksasa. Semak-semaknya dibabat ditanami rumput.

Rumah Hutan itu sendiri dibangun oleh Lim Oei Ping, pria keturunan Tionghoa asal Sulawesi Tengah. Rumah Hutan adalah cita-citanya sedari dulu. Menurutnya, Rumah Hutan ialah ‘Surga’ yang harus dijaga dan dirawat.

Memasuki kawasan rumah hutan, ada beberapa plang yang memperingatkan pengunjung agar pulang sebelum hari gelap atau sebelum maghrib. Karena hutan ini sepi, jadi lebih baik pulang disaat matahari belum terbenam.

taman rumah hutan cidampit serang

Setelah sampai di destinasi wisata yang masih terbilang baru di provinsi Banten ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat asri nan indah. Ada gubuk-gubuk yang dibangun secara sederhana, inilah tempat yang menampilkan “rumah hutan” dimana rumahnya bukan terbuat dari tembok, melainkan dari kayu dan berbentuk panggung.

Konsep dari Rumah Hutan Cidampit ini yaitu menyajikan rumah panggung sederhana dan beberapa taman yang di desain di tengah hutan dengan tampilan menarik. Kamu bisa bersantai sejenak dan berteduh di rumah-rumah panggung dan bisa duduk-duduk di kursi taman yang berbentuk batu.

Selain bersantai atau selfi, kamu juga bisa belajar dan olah raga, karena di sini menyediakan rumah baca (perpustakaan) dan lapangan badminton. Konsepnya sungguh menarik karena kita bisa bermain, belajar, dan bergerak di alam bebas. Sungguh tak ada duanya menemukan rumah hutan di wilayah kota seperti ini. (lenba/dbs)

Comment

Feed