Pulau Sangiang Banten, Obyek Wisata Alam Yang Mempesona

SERANG, LensaBanten – Liburan adalah salah satu momen yang pas untuk merilekskan pikiran. Makanya tidak heran jika kemudian banyak orang yang memanjakan dirinya saat liburan tersebut, salah satunya adalah pergi berwisata. Nah, berbicara soal wisata yang masih di seputaran Banten, kali ini kami akan mereview destinasi Pulau Sangiang Banten, salah satu obyek wisata Banten yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Sekilas Tentang Pulau Sangiang Banten

Pulau ini adalah pulau kecil dimana dulunya adalah Cagar Alam, namun sekarang statusnya telah berubah menjadi Taman Wisata Alam sekitar tanggal 08 Februari 1993 yang lalu. Pulau Sangiang memiliki luas sekitar 528,15 ha dan memiliki iklim dengan tipe B dimana curah hujan rata-ratanya adalah 1.840 mm/tahun. Pulau Sangiang ini memiliki 3 tipe ekosistem hutan yakni ekosistem hutan payau, ekosistem hutan pantai dan ekosistem hutan dataran rendah.

Sedangkan beberapa jenis flora yang ada di sini adalah cantigi, bakau, walikukun, waru laut, nyamplung, ketapang, bayur dan cemara laut. Apakah disini ada faunanya juga? Jelas ada, dan jenisnya cukup beragam dimana sebagiannya telah dilindungi oleh undang-undang. Beberapa jenis fauna ini antara lain aneka biota laut, ular sanca, burung cangak, pelatuk besi, burung camar, kuntul karang, belibis, raja udang, dara laut, elang laut, biawak, landak, kucing hutan dan lutung.

Perlu Anda ketahui bahwa di pulau ini ada sebuah perkampungan yang terdiri dari sekitar 55 kepala keluarga. Keputusan merubah Pulau Sangiang dari yang awalnya Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam ini sepertinya memang beralasan, karena di pulau ini ada beberapa spot wisata sekaligus yang bisa Anda nikmati, antara lain:

a. Wisata alam yang terletak di bagian selatan, barat laut serta barat pulau. Kegiatan utama dari wisata alam yang bisa Anda lakukan ini adalah lintas alam, mendaki, bersepeda, berkemah, berkunjung ke goa kelelawar serta melihat penangkaran penyu.

b. Wisata bahari dengan kegiatan utamanya adalah scuba diving di sekitar Perairan Tanjung Raden, snorkling ataupun memancing

c. Wisata budaya dengan kegiatan utamanya adalah mengamati sisa-sisa dari perang dunia kedua yang berupa benteng bekas pertahaan tentara Jepang. Tetapi, untuk bisa melakukan kegiatan yang satu ini, Anda membutuhkan izin dari aparat terlebih dahulu karena lokasinya yang ada di sekitar pos TNI AL.

Fasilitas yang Ada di Pulau Sangiang

Jika Anda bertanya soal fasilitas, sebenarnya Pulau Sangiang Banten ini adalah pulau alami yang jarang dijamah oleh wisatawan sehingga jika Anda berada di sini, Anda tidak akan menemukan fasilitas mewah. Jadi, jika Anda ingin menginap di pulau ini, Anda bisa membawa peralatan kemah ataupun dengan menginap di rumah penduduk lokal.

Lokasi dan Akses Menuju ke Pulau Sangiang Banten

Seperti yang sudah ditekankan di atas bahwa Pulau Sangiang ini ada di Provinsi Banten, namun lebih tepatnya adalah masuk ke dalam administrasi desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Dari Pelabuhan Paku Anyer menuju ke pulau ini tidaklah lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 45 menit saja.

Sedangkan akses untuk menuju ke Pulau Sangiang, jika Anda memulai perjalanan dari Kota Serang, Anda bisa langsung menuju ke Cilegon untuk kemudian menuju ke Anyer, lebih tepatnya adalah di Pelabuhan Paku Anyer.

Oke, itulah diatas berbagai hal terkait Pulau Sangiang Banten. Kapanpun Anda berencana pergi ke sana, siapkan segala sesuatunya dengan baik ya, termasuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat. (ag)

Comment

Feed