Pantai Ciputih Pandeglang Pesona Alami Banten Selatan

LensaBanten – Tak ubahnya pesisir pulau Jawa lainnya panorama pantai kawasan selatan Banten ini pun merupakan panorama keindahan alam Indonesia. Pantai Ciputih Pandeglang termasuk dalam kawasan Ujung Kulon National Park, yang terletak di Kertamukti, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Masih terbilang belum tersentuh banyak orang, kawasan ini seperti spot lainnya di Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasinya jauh dari keramaian seolah ingin memanjakan para pengunjung yang memiliki jiwa petualang.

Provinsi Banten yang berada di bagian barat pulau Jawa ini telah dikenal memiliki destinasi wisata pantai menawan yang sangat layak untuk dijadikan pilihan sebagai tempat berlibur seperti pantai Anyer (Kabupaten Serang), Pantai Carita, Tanjung Lesung dan Pulau Umang (Kabupaten Pandeglang). Tak heran jika kerap dijadikan tujuan oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menghabiskan banyak waktu di provinsi yang dikenal juga dengan sebutan tanah jawara ini.

Pantai dengan hamparan pasir putih seperti namanya ini terbilang masih cukup alami dan masih belum terjamah banyak pengunjung. Sehingga hal ini menjadikannya seolah asing, namun demikian kondisi ini juga membuat kawasan ini masih bersih dan juga tidak heran jika panorama pantai Ciputih masih asri dan indah.

rute pantai ciputih pandeglang

Rute menuju Pantai Ciputih Pandeglang

Untuk mencapai kawasan wisata Pantai Ciputih pengunjung membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekira 7 – 8 jam dengan perjalanan menggunakan kendaraan darat dari Jakarta, sedangkan jarak dari Pusat Provinsi Banten yang berada di Kota Serang menuju lokasi sekira 112 KM.

Rute pertama; Jalan Tol Jakarta – Merak keluar pintu tol Serang Timur mengarah Jalan Raya Pandeglang menuju Labuan sesampai di Tarogong selanjutnya mengambil arah Panimbang menuju Kecamatan Sumur.

Rute kedua; Jalan Tol Jakarta – Merak lalu keluar pintu tol Cikande, untuk selanjutnya mengarah ke Rangkas Bitung (Lebak) untuk melanjutkan perjalanan menuju Pandeglang tepatnya menuju Tarogong (Labuan), kemudian mengambil arah Panimbang menuju Kecamatan Sumur.

Kondisi jalan menuju lokasi wisata Pantai Ciputih hingga tulisan ini di publish secara keseluruhan terbilang cukup baik. Namun pada salah satu ruas jalan yang berada di daerah Kertamukti pengunjung harus berhati-hati melaluinya lantaran terdapat kerusakan jalan dan kondisinya masih belum diperbaiki.

Penginapan di Pantai Ciputih Pandeglang

Meski masih alami dan belum banyak dijamah, destinasi wisata ini telah terdapat penginapan yang sangat memadai yakni Ciputih Beach Resort, Sebuah penginapan nyaman dengan fasilitas memadai seperti restauran, kolam renang jadi selain dapat berenang di pantai pengujung juga bisa renang dengan memanfaatkan faslitas kolam renang dipenginapan tersebut. Soal harga tak perlu khawatir karena harganya pun  masih sangat terjangkau.

Untuk pengunjung yang hendak sewa kamar spesial dengan view pantai, tarifnya terbilang masih sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu saja per malam.

Bagi traveller yang juga hendak menginap tak perlu khawatir, seperti objek wisata lainnya demikian pula di kawasan ini. Jika ingin menginap dipemukiman maka warga sekitar pun sangat ramah dan welcome untuk pengujung bermalam ditempat mereka.

Snorkeling dan Diving Di pantai Ciputih

Pencinta dan penghobi snorkeling akan dimanjakan dengan pemandangan menakjubkan begitu juga pencinta diving, di pantai ini bisa melakukan sepuasnya untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Selain itu, jika ingin suasana berbeda, wisatawan juga bisa menyeberang menggunakan perahu yang biasa disewakan menuju ke Pulau Mangir untuk melakukan kegiatan snorkeling atau diving. Sesampainya disana wisataawan bisa menyaksikan keindahan dasar laut di Pulau tak berpenghuni tersebut.

Spot Lain Wisata Pantai Ciputih Pandeglang

Seperti disebutkan sebelumnya, selain pantai Ciputih, i Banten ini para wisatawan juga dapat mengunjungi beberapa pantai menarik dengan fasilitas cukup memadai dan letaknya berdekatan, yakni masih berada ada di sekitar Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

  1. Pantai Legon
  2. Pantai Sumur
  3. Pantai Muara Baru Tanjungan
  4. Pantai Dadap Langun
  5. Pantai Keusik Panjang
  6. Pantai Tanjung Lesung

Kami menerima masukan dari pembaca terkait tulisan dan konten lainnya, silahkan berikan tanggapan dan masukan karena sangat penting bagi kami atau pihak pemerintah setempat untuk lebih perhatian terhadap kawasan wisata Provinsi Banten. (lenba)

Comment

Feed