Goa Kanekes Sawarna Menikmati Stalagnit dan Stalagmit Bumi Baduy

LensaBanten – Goa Kanekes Sawarna salah satu destinasi wisata Banten terletak di daerah Sawarna, Lebak. Objek wisata goa yang satu ini selain masih alami juga akan menjadi pengalaman traveling yang unik.

Selain pantai-pantai yang cantik dan alam yang masih alami daerah Sawarna juga akan membuat anda kagum dan terpesona.

Saat menginjakkan kaki di Desa Sawarna, pandangan mata akan dimanjakan dengan perbukitan dan hijau persawaan didaerah tersebut. Hal menakjubkan lainnya adalah pantai berpasir putih dan perairan laut dengan warna hijau kebiruan menghampar di wilayah laut selatan ini.

Suatu pengalaman untuk menghilangkan kebosanan dan kepenatan dari suasana perkotaan. Desa wisata sawarna ini menawarkan beragam tujuan wisata yang indah yang sudah barang tentu akan berbeda dengan tempat lainnya.

stalagtit dan stalagmit di goa kanekes

Berkunjung ke Goa Kanekes Sawarna

Sebelumnya perlu diketahui bahwa di desa Sawarna terdapat beberapa objek wisata seperti pantai Tanjung Layar, pantai Karang Taraje, pantai Lagon Par, Pulau Manuk, Goa Harta Karun, Goa Lalay yang belum banyak terjamah. Salah satu objek wisata yang cukup menarik adalah  Goa Kanekes dengan stalagtit dan stalagmitnya.

Secara administrasi Goa wisata ini terletak di kampung Cihaseum, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Memiliki panjang kurang lebih 80 m tipe goa ini berbentuk horizontal, dengan mulut goa yang lebar. Nama Goa Kanekes ini diberikan masyarakat setempat mengambil dari sebutan bagi masyarakat Baduy.

Pasalnya dahulu masyarakat Baduy sering datang dan singgah ke goa ini untuk mengambil sarang walet. Kondisi Goa Kanekes masih sangat alami, dengan bebatuan kapur. Bila sedang hujan, air hujan dapat merembes ke sela-sela atas dan masuk ke dalam gua, lalu bercampur dengan batuan kapur tersebut.

Proses ini menghasilkan endapan-endapan kecil yang perlahan tumbuh, pada akhirnya terbentuk batuan Stalagtit yang sangat indah. Sedangkan yang jatuh ke lantai gua menjadi bongkahan stalagmit yang tidak kalah menawan. Stalagnit dan stalagmit ini membuat Goa Kanekes di desa Sawarna menjadi sangat menakjubkan, bagi penghobi swa foto lokasi didalam goa ini bisa menjadi spot menarik.

Namun, perlu jadi perhatian pengunjung agar kegiatan berwisata di goa ini tidak sampai merusak  kondisi alami goa tersebut.

Fasilitas Berkunjung ke Goa Kanekes di Sawarna

Penginapan

Saat berkunjung di desa Sawarna para pengunjung tak perlu khawatir karena terdapat banyak penginapan yang ditawarkan oleh warga. Masyarakat desa Sawarna sudah sangan maklum dan juga memahami kebutuhan wisatawan ke wisalyah mereka. Harga penginapan cukup bervariasi, mulai 200 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah permalam, sesuai fasilitasyang tersedia.

Kuliner

Pengunjung juga bisa berwisata kuliner di lokasi wisata Sawarna, harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau yakni sekitar  5.000 rupiah sampai 50.000 rupiah saja. Namun, perlu diperhatikan di wilayah ini masih belum ada fasilitas ATM, untuk itu pengunjung harus meneyediakan uang tunai saat wisata ke Sawarna.

Pengunjung juga harus mempersiapkan peralatan lain seperti senter atau alat penerangan lainnya lantaran masih sering terjadi pemadaman listrik sementara.

Kondisi ini yang menjadai alasan masih sangat sedikit wisatawan yang berlibur ke Sawarna. Namun, bagi pengunjung yang suka dengan kesunyian lokasi menjadi sangat cocok lantara tempat berlibur yang satu ini sangat tenang dan damai.(ag)

Catatan: Jangan lupa jika ingin mengunjungi  Goa Kanekes di desa Sawarna bawalah senter agar  bisa lebih leluasa menikmati stalagnit dan stalagmit yang ada didalam goa tersebut.

Comment

Feed