Curug Gendang Wisata Alam Di Banten dengan Tracking Menantang

Masih tentang seputar destinasi wisata Banten, kali ini kami akan memperkenalkan satu objek wisata yang ada disana, dimana objek wisata ini berupa air terjun atau yang disebut dengan curug dalam bahasa lokalnya. Nama curug ini adalah Curug Gendang, yang pastinya sangat pas untuk Anda kunjungi setelah berlelah ria dengan aneka pantai yang ada di Banten.

Namun, jalur menuju ke curug ini lumayan membutuhkan tenaga sehingga jika memutuskan untuk bersenang-senang di sana, harus benar-benar menyiapkan kondisi fisik.

Awal Mula Nama Curug Gendang dan segala pesonanya

Secara historis, nama awal dari objek wisata yang satu ini dahulunya adalah Curug Citajur. Namun, karena suara terjunan airnya menyerupai seperti gendang, jadilah kemudian masyarakat sekitar menyebutnya dengan Curug Gendang. Curug ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 7 meter, namun luasnya mencapai 10 meter dan kedalamannya hingga 13 meter dengan air yang bersumber dari mata air Gunung Panganjaran.

Nah, dengan ketinggian, luas dan kedalaman yang dimiliki oleh Curug Gendang seperti itu, pastinya jika Anda memiliki nyali lebih, bisa mencoba melompat dari tebing batu yang ada di bagian atas curug ini. Sekalipun tidak berani melompat, rasanya sayang sekali jika tidak mencicipi kesegaran air Curug Gendang ini.

Tak hanya memungkinkan untuk berenang atau berendam saja loh, Curug Gendang ini juga memungkinkan untuk mendirikan tenda karena disini juga ada area khusus untuk berkemah dimana tarif per malamnya hanya Rp 10.000 saja. Namun, pastinya harga ini bisa berubah kapan saja, jadi jika nanti berkunjung ke sana, tetapi ternyata harganya sudah berbeda, jangan kaget ya karena bisa saja sudah ada perubahan tarif.

Lokasi Curug Gendang

Berbicara soal lokasi, Curug Gendang ini terletak di Desa Sukarame, dimana Desa Sukarame ini ada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten dan terletak pada ketinggian 170 mdpl. Jadi, sudah paham bukan mengapa kami menyebutkan bahwa Anda membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa ke kawasan ini saat di awal tadi.

Rute Menuju ke Curug Gendang

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Curug Gendang, Anda bisa langsung segera mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika persiapan ini sudah selesai, Anda bisa langsung berangkat dengan menuju ke Kecamatan Carita.

Nah, Curug Gendang ini hanya berjarak sekitar 4 km saja dari jalan raya Carita. Sayangnya Anda tidak akan diperkenankan untuk membawa kendaraan Anda menuju ke lokasi, sehingga Anda harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki. Namun, disinilah letak keseruannya.

Rute menuju ke Curug Gendang ini bisa dikatakan sebagai perpaudan antara hutan dengan jalanan yang berliku, dimana, Anda harus menikmati proses berjalan kaki dengan ditemani oleh pemandangan hijau kira-kira sejauh 1 km.

Jalan yang harus Anda lalui ini benar-benar adalah jalan setapak yang pastinya berliku dan terkadang menanjak, dimana ‘komposisi’ jalan setapak ini adalah akar pepohonan, tanah serta batu cadas. Sangat disarankan untuk Anda datang kemari saat cuaca sedang cerah ya, karena jika Anda datang pada saat setelah hujan, jalanan bisa menjadi sangat licin.

Selain ditemani oleh pemandangan hijau, Anda bisa juga sekalian menikmati pemandangan berupa laut biru dari ketinggian. Tampaknya perjalanan ini sangat menguras energi. Namun, percayalah, setelah Anda tiba di lokasi kemudian, rasa lelah akan luntur seiring dengan terjunan air yang dengan mulusnya meluncur.

Comment

Feed