Pesona Alami nan Menghijau Curug Cihear Banten

LEBAK, LensaBanten – Meskipun Banten memiliki sederet nama-nama objek wisata pantai yang fenomenal, tetapi Anda harus tahu bahwa Banten juga memiliki objek wisata lain yang berupa air terjun yang disebut dengan Curug Cihear, Banten. Hanya saja, air terjun ini masih kalah populer dengan pantai-pantainya, makanya informasinya sangat sedikit.

Nah, untuk itu, kami akan memperkenalkan salah satu air terjun milik Banten ini, namanya adalah Curug Cihear atau Air Terjun Cihear. Apakah Anda sudah pernah mendengar namanya? Jika belum, yuk kenalan lebih dekat dengan air terjun apik ini.

Sekilas Tentang Curug Cihear Banten

Cadas di Curug Cihear Banten

Curug dalam bahasa lokal berarti air terjun. Air terjun Cihear ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan lebarnya sekitar 6 meter. Curug Cihear memiliki terjunan air yang sangat deras dimana air terjun utamanya ini dikelilingi oleh air terjun yang kecil-kecil. Sangat disarankan agar Anda tidak berdiam di bawah terjunan air ya, karena salah-salah Anda bisa mengalami cedera nanti karena derasnya air yang terjun dari ketinggian tersebut.

Jika kita coba perhatikan dari bawah, terjunan air Curug Cihear ini tampak semakin ke atas semakin mengecil, layaknya kumpulan benang putih yang diikat di salah satu ujungnya, sedangkan ujung yang lainnya dibiarkan tergerai menuruni tebing batu yang tampak kompak.

Nah, soal pemandangan, Anda sudah tidak perlu bertanya lagi akan keindahannya, karena objek wisata yang satu ini benar-benar menyajikan pemandangan hijau alami yang bisa menyegarkan pandangan Anda. Karena objek wisata yang satu ini adalah objek wisata air terjun, otomatis saat berada di sini Anda akan ditemani oleh musik alami yang meskipun berisik tetapi tetap nyaman untuk didengar.

Lokasi Curug Cihear Banten

Ingin cek keindahan Curug Cihear secara langsung? Anda bisa datang ke lokasi dimana curug ini berada yakni Gunung Leuting yang masih dalam kawasan Gunung Halimun Salak, namun tepatnya adalah di antara Desa Ciladaun dan Desa Cigobang, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

Curug Cihear ini masih berdekatan dengan objek wisata ekstrem arung jeram di Sungai Ciberang, namun berada sekitar 100 km jauhnya dari Jakarta dan 80 km dari Pandeglang dan Rangkasbitung.

Akses atau Rute Menuju ke Curug Cihear Banten

Ketinggian dari Curug Cihear Banten

Sedangkan mengenai akses atau rute menuju ke Curug Cihear, jika Anda memulai perjalanan dari Bogor, Anda bisa langsung menuju ke Leuwiliang terus ke Jasinga, lalu ke Cipanas hingga Anda mencapai Kampung Muhara. Nah, dari Kampung Muhara ini, Anda bisa meneruskan perjalan melalui jalur pendakian kira-kira sejauh 5 km.

Tetapi, jika Anda melalui Rangkasbitung, Anda bisa langsung menuju ke Sajira, lalu pergi ke Cipanas untuk kemudian mengarah ke Kampung Muhara. Jika setelah sampai di Kampung Muhara ini Anda merasa kebingungan, Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar mengenai jalan menuju ke lokasi. Baik dari Bogor, dari Rangkasbitung ataupun dari daerah yang lainnya, sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi saja ya, terutama sepeda motor.

Memang sih Anda bisa menggunakan angkutan umum, tetapi itu hanya sampai di Terminal Lebak saja, selebihnya Anda harus menggunakan ojek.

Nah, itulah diatas review kami terkait Curug Cihear yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Bagaimanapun tulisan ini tidak bisa menggambarkan keindahan wisata alam yang satu ini, sehingga supaya Anda bisa benar-benar mendapatkan feelnya, tentu saja Anda harus ke sana langsung untuk membuktikannya pesonanya. (ag)

Comment

Feed