Ketahui Keunggulan Set Top Box yang Sudah Bersertifikat

- Jumat, 3 Juni 2022 | 11:13 WIB
Fungsi antena dalam siaran digital. (siarandigital.kominfo.go.id)
Fungsi antena dalam siaran digital. (siarandigital.kominfo.go.id)

LENSABANTEN.COM - , saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) mulai melaksanakan tahapan penghentian siaran televisi analog melalui program Analog Switch Off (ASO).

Dijelaskannya, terdapat tiga tahap dalam program ASO ini. Tahap pertama yakni 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022 dan tahap terakhir 2 November 2022.

Oleh karena itu, proses migrasi analog ke digital menjadi sebuah keharusan karena dari segi manfaat akan banyak sekali yang dirasakan.

Baca Juga: Ingin Membeli STB untuk Siaran Digital ? Cek yang Bertanda Ini

Bagi kalangan Lembaga penyiaran, teknologi penyiaran dengan digital akan membantu mendorong penghematan biaya secara infrastruktur yakni frekuensi 700 Mhz atau Global Frequency. Dimana satu kanal frekuensi dapat menyiarkan hingga dua belas program siaran secara bersamaan dengan kualitas program siaran standar definition spectrum agar lebih efisien digunakan.

Bagi masyarakat nantinya dengan menggunakan alat berupa Set Top Box (STB) sehingga manfaat siaran digital akan dirasakan dengan tingkat kejernihan visual yang diterima. Namun masyarakat diimbau agar membeli STB yang telah bersertifikat Kominfo.

Masyarakat disarankan memilih perangkat set top box (STB)yang bersertifikat untuk menikmati siaran TV digital. Penting untuk memilih set top box yang telah bersertifikat guna memastikan bahwa perangkat tersebut sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan pemerintah, salah satunya fitur Early Warning System (EWS).

Baca Juga: Simak, Ini Manfaat Beralih ke Siaran TV Digital

“Pilih yang sudah bersertifikat dari Kominfo. Kalau tidak bersertifikat belum tentu memiliki fitur EWS ini,” ujar Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika Mulyadi.

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download MP3 dari YouTube Gratis Via MP3 Juice

Jumat, 4 November 2022 | 21:32 WIB

Ekspor Kota Tangerang Capai USD 1,9 Milyar

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:57 WIB

Hewan Terindikasi PMK, Lakukan 7 Hal Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:05 WIB
X