• Kamis, 8 Desember 2022

Simak, Berikut Ini Keunggulan Mesin Pencari Yandex

- Rabu, 23 Maret 2022 | 21:11 WIB
Yandex Mesin Pencari Internet terbesar di Rusia terancam bangkrut (istimewa)
Yandex Mesin Pencari Internet terbesar di Rusia terancam bangkrut (istimewa)

 


LENSABANTEN.COM - Belahan dunia mana yang tidak mengenal Google, mesin pencari yang paling populer dikenal setiap negara. Tapi ada mesin pencari asal Rusia yang juga tak kalah canggih, yakni Yandex.

Dalam hal teknologi, sepertinya Rusia memang tidak mau kalah dengan negara-negara Barat. Karena sejumlah aplikasi yang populer saat ini sudah juga diciptakan oleh Rusia.

Paul durov, warga Rusia telah menciptakan aplikasi mirip WhatsApp yakni bernama VKontakte (VK) serta telegram.

Baca Juga: Rusia Umumkan Meta Organisasi Ekstremis

Lensabanten.com melansir dari CNBC, Selasa (22/3/2022), Yandex lebih dari sekadar mesin pencari. Layanan tersebut juga menawarkan email, cloud, pembayaran daring, streaming musik, agregasi berita, dan peta.

Pada dasarnya, Yandex terdengar sangat mirip Google. Lalu mengapa warga Rusia lebih menyukai Yandex dibandingkan Google?

Lima alasan Yandex memimpin pasar internet di Rusia

Baca Juga: Rusia Mau Bongkar Fakta Jahat Barat Usai Operasi Khusus di Ukraina

1.Pendekatan yang berbeda dalam pencarian

Jika Google lebih berfokus pada penghitungan peringkat halaman situs web, algoritme peringkat Yandex memperhitungkan jarak antara kata dan relevansi dokumen dengan kueri. Pada tahun 2017, perusahaan meluncurkan  algoritma jaringan saraf baru bernama Korolev yang membuat pencarian menjadi lebih efektif.

2.Layanan media terintegrasi

Yandex merupakan perusahaan media terbesar di Rusia dan menawarkan email gratis, peta, musik, video, penyimpanan foto, aplikasi, dan banyak produk lain yang juga ditawarkan Google. Yandex memberikan setiap layanan dengan kualitas tinggi dan disesuaikan untuk pengguna lokal.

Baca Juga: Rusia Balas Aksi Keji Jepang dengan Melakukan Langkah Ini

3.Lebih sekadar sistem pencarian

Di Rusia, Yandex.Taxi mengalahkan popularitas Uber. Pada tahun 2017, kedua perusahaan bergabung dan menciptakan salah satu layanan taksi terkuat di Rusia. Yandex juga menggantikan perusahaan internasional terkemuka lainnya, seperti PayPal dengan layanan Yandex.Money-nya.

4. Ramalan cuaca yang akurat

Dilansir RBTH, Yandex telah berhasil mengembangkan salah satu prakiraan cuaca paling akurat di dunia dan memiliki peta angin. Awalnya, pengembang berencana untuk mengakhiri layanan ini, tetapi mereka berubah pikiran setelah permintaan dari nelayan Rusia yang menggunakannya untuk memahami pola migrasi ikan.

Baca Juga: Rusia Klaim Ratusan Tentara Bayaran Tewas kena Rudal


5.Yandex dibuat untuk pengguna Rusia

Yandex dibuat khusus untuk pasar Rusia dan dapat mengatasi banyak kendala linguistik. Selain itu, lebih baik memahami CrazyFont, yaitu menulis kata-kata Rusia menggunakan skrip Latin daripada Cyrillic. CrazyFont sangat populer di kalangan orang Rusia yang tinggal di luar negeri. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download MP3 dari YouTube Gratis Via MP3 Juice

Jumat, 4 November 2022 | 21:32 WIB

Ekspor Kota Tangerang Capai USD 1,9 Milyar

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:57 WIB

Hewan Terindikasi PMK, Lakukan 7 Hal Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:05 WIB
X