• Kamis, 8 Desember 2022

Upgrade Aplikasi PeduliLindungi Bisa Scan Tanpa Koneksi Internet

- Selasa, 8 Februari 2022 | 11:09 WIB
Aplikasi PeduliLindungi. (Instagram @pedulilindungi.id)
Aplikasi PeduliLindungi. (Instagram @pedulilindungi.id)

 


LENSABANTEN.COM - Aplikasi PeduliLindungi kini terus diperbaharui guna memberikan kemudahan bagi penggunaya di tanah air.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambahkan fitur offline check in yang berfungsi dapat digunakan saat scan dan tidak terkoneksi internet.

Untuk itu, bagi pemilik aplikasi PeduliLindungi disarankan agar segera mengupdate (pembaruan) agar dapat memanfaatkan fitur terbaru itu.

Baca Juga: Kirim Foto Alat Kelamin ke Anak Didiknya, Pelatih Futsal di Bogor jadi Tersangka

Tentu dengan hadirnya fitur ini diharapkan semakin memudahkan siapa saja pengguna aplikasi baik itu di perkantoran, di ruang publik atau diruang terbuka lainnya.

"Segera lakukan upgrade aplikasi PeduliLindungi untuk bisa menggunakan fitur ini," tulis akun @Kemenkominfo.

Masyarakat diwajibkan untuk menyiapkan ponsel untuk memindai QR Code yang telah disiapkan Kemenkominfo di hampir setiap fasilitas publik, mulai dari mal, rumah sakit, taman kota, minimarket, hingga tempat-tempat umum lainnya.

Fitur ini dinilai memudahkan pengelola untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 masyarakat yang mengunjungi tempat-tempat tersebut di atas. Selain itu, bagi pemerintah, aplikasi ini dapat dijadikan alat penelusuran (tracing) digital dari potensi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Komnas HAM : Ada Bentuk Kekerasan di Kerangkeng Milik Bupati Langkat Nonaktif

Seperti diketahui, ada empat parameter warna yang menunjukkan status vaksinasi seseorang saat melakukan check in memakai fitur QR Code di PeduliLindungi.

Di antaranya, warna hitam di mana pengunjung terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien Covid-19. Pengunjung kategori warna hitam ini tidak boleh masuk ke tempat umum.

Kemudian, warna merah yang berarti pengunjung belum menerima vaksin Covid-19 atau bisa juga memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19.

Seperti halnya pengunjung berkategori warna hitam, mereka yang masuk kriteria merah juga tidak bisa masuk ke tempat-tempat umum.

Baca Juga: Kematian Anak Maroko Rayan Awram yang Jatuh ke Sumur Undang Simpati Dunia

Untuk warna kuning/oranye adalah kategori warna diberikan kepada pengunjung yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.
Pengunjung boleh masuk ke tempat umum setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.

Sementara itu, untuk warna hijau merupakan kategori bagi pengunjung atau masyarakat yang memasuki tempat-tempat umum dengan kategori telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. Ia juga memiliki status aman dan diperbolehkan untuk memasuki tempat-tempat umum. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: ketiknews.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download MP3 dari YouTube Gratis Via MP3 Juice

Jumat, 4 November 2022 | 21:32 WIB

Ekspor Kota Tangerang Capai USD 1,9 Milyar

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:57 WIB

Hewan Terindikasi PMK, Lakukan 7 Hal Ini

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:05 WIB
X