• Minggu, 5 Februari 2023

Penting Dicatat dan Diamalkan 5 Dzikir Penghapus Dosa

- Selasa, 7 Juni 2022 | 09:15 WIB
Ilustrasi : Dzikir penghapus dosa (mohamed Hassan dari Pixabay )
Ilustrasi : Dzikir penghapus dosa (mohamed Hassan dari Pixabay )

 


LENSABANTEN.COM - Manusia sebagai insan biasa tentu tidak akan pernah luput dari kesalahan yang tentu dapat berujung pada dosa. Tak sedikit, dosa itu terus menumpuk hingga bagai gunung.

Namun sebagai manusia biasa, hati kecil bicara ingin agar setiap dosa yang dilakukan sengaja maupun tidak sengaja dapat terhapuskan.

Sebagai umat muslim, tentu tidak boleh berhenti berharap dan berupaya agar setiap kesalahan yang berujung pada dosa dapat diampuni oleh Allah Swt.

Ada beberapa dzikir penghapus dosa yang dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun.

Baca Juga: Simak Penjelasan Buya Yahya Soal Arwah Bisa Mendengarkan Percakapan Orang Hidup

Dzikir penghapus dosa ini, sangat perlu kita amalkan, karena sebagai muslim tentu kita harus selalu memohon ampun hanya kepada Allah SWT karena hanya Dia sang penolong dan pengampun.

Berikut ini adalah beberapa dzikir penghapus dosa yang penting untuk kita ketahui dan perlu kita amalkan dilansir bantenraya.com dari kanal youtube NS BOR CHANNEL tanggal 26 Oktober 2020.

1. Istigfar sebanyak-banyaknya.

Kalimat singkat ini ternyata punya arti yang sangat besar di sisi Allah SWT.

Kalimat yang dapat membuat orang yang penuh dosa menjadi bersih. "ASTAGFIRULLAH" yang memiliki arti "Aku memohon ampun kepada Allah", merupakan ucapan yang sangat Allah senang,"i.

Rasulullah SAW bersabda, "Wahai anak Adam sendainya dosamu menjulang tinggi ke langit, lalu engkau banyak beristigfar dan banyak memohon ampun kepada Allah, maka Allah akan ampuni dosa-dosamu," (HR.Tirmidzi)

Baca Juga: Hukum Daun Ganja Dijadikan Sayuran, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad


2. Mengucapkan Tahlil.

Tahil adalah ucapan yang sangat penting dicintai oleh Allah SWT, sebuah pengakuan akan keesaan Allah, dan berpasrah akan kehendak Allah, maka ucapkanlah "LAILAHAILLALLAH" (Tiada Tuhan Selain Allah).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mengucapkan "La ilaha illahllah wahdahu ia syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa'ala kulli syai'in qadir, dan dibaca 100 kali, akan memperoleh ganjaran sebagaimana membebaskan sepuluh budak dan 100 kebaikan akan dicatatkan atasnya, dan 100 dosa dihapuskan dari catatan amalnya dan ucapan tadi akan menjadi perisai baginya dari syaithan pada hari itu hingga malam hari, dan tak ada seoranpun yang bisa mengalahkan amal kebaikannya kecuali orang yang melakukan amal yang lebih baik darinya," (HR.Bukhari).

 

Baca Juga: Ini Amalan yang Diyakini dapat Meringankan Hisab


3. Tasbih yang kaya pahala.

Kalimat tasbih "SUBHANALLAH", yakni kalimat yang sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalimat tasbih ini ternyata memiliki dampak yang luar biasa, yang artinya "Maha Suci Allah", diucapkan sebagai tasbih.

Rasulullah SAW bersabda, "Apakah salah seorang diantara kalian dapat mampu mengusahakan seribu kebajikan setiap hari?".

Lalu ada diantara sahabat yang hadir bertanya kepada beliau, "Bagaimana mungkin ada diantara kita yang mampu mengusahakan seribu kebajikan?"

Baca Juga: Suami Istri Bertengkar Berpotensi Bercerai, Segerakan Hal Ini agar Terhindar Kata Syekh Ali Jaber

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X