• Rabu, 30 November 2022

Atlet Legendaris Ikut Serta Kirab Obor Api Porprov VI Banten

- Senin, 14 November 2022 | 17:20 WIB
Latihan tari kolosal untuk pembukaan porprov 6 Banten di stadion Banteng Reborn. Eky Fajrin
Latihan tari kolosal untuk pembukaan porprov 6 Banten di stadion Banteng Reborn. Eky Fajrin

 

LENSABANTEN.COM, TANGERANG - Salah satu rangkaian pelaksanaan pembukaan pekan olahraga provinsi (Porprov) VI Banten ialah kirab api Porprov. Kota Tangerang sebagai tuan rumah akan membawanya keliling dan kemudian menginap satu malam di gedung pusat pemerintahan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Rizal Ridholloh menjelaskan, rangkaian pelaksanaan api Porprov VI Banten dimulai pada 17 November 2022 di wilayah Kali Pasir, Kecamatan Tangerang.

"Secara teknis nanti pelaksanaan pada 17 November 2022 dimulai dari masjid Kali Pasir, Kota Tangerang yang kemudian api porprov itu oleh tim akan di bawa keliling kota dan kabupaten di Banten,"ujarnya, Senin 14 November 2022.

Baca Juga: Mengenal Lima Koreografer yang Garap Porprov VI Banten 2022

Kata Rizal, api Porprov tersebut akan menginap satu malam pada tanggal 17 November di Kota Serang. Setelah itu kemudian melanjutkan keliling Kota dan Kabupaten berikutnya.

Kemudian, usai berkeliling kembali di kota dan kabupaten se-Banten hingga kemudian di 18 November  mengingap di Kabupaten Tangerang. Selanjutnya di tanggal 19 November api Porprov akan kembali di terima oleh Kota Tangerang.

"Kita akan menerima api porprov di perbatasan Tangsel dan kota Tangerang yakni di kebon nanas dari situ dibawa lari oleh atlet dan iring-iringan lainnya ke Puspem. Setelah itu api Porprov akan meningap di Puspem,"imbuhnya.

Baca Juga: Pembukaan Porprov VI Banten Libatkan Sanggar Tari dan Pelajar

Dijelaskan Rizal, nantinya dalam rangkaian kirab akan melibatkan para atlet legendaris kota Tangerang yang telah mengukir prestasi dan mengharumkan nama kota Tangerang dan bangsa.

 Wakil Ketua I KONI Kota Tangerang Arsani Maidi menuturkan, untuk atlet pembawa api Porprov VI Banten masih dipilih, namun menguat sejumlah nama salah satunya ialah Atlet panjat tebing putri Banten Rajiah Salsabila.

"Iya kemungkinan besar dia atlet pembawa api Porprov,"ujarnya singkat.

Sebagai informasi, untuk pengamanan, panitia juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan sehingga selama pelaksanaan acara berjalan lancar dan tertib. Masyarakat yang ingin melihat kegiatan kirab api Porprov VI Banten juga diminta aktif untuk menjaga ketertiban.

Baca Juga: Etnik dan Modern di Upacara Pembukaan Porprov VI Banten

Upacara Pembukaan Porprov VI Banten

Pelaksanaan upacara pembukaan Porprov VI Banten akan berlangsung pada 20 November 2022 mulai pukul 15.15 WIB di stadion Benteng Reborn. Band Netral akan menjadi salha satu pengisi acara.

Pada awal upacara pembukaan, para hadirin akna disuguhkan dengan pertunjukan para motor yang kemudian disusul Chanting dan defile. Pada proses iringan defile akan diiringi lagus oleh band netral secara minus one.

Band Netral akan memainkan musik secara langsung pada saat penghujung defile rombongan Kota Tangerang. Pada akhir barisan defile diisi dengan drumband dan tari-tarian dan kemudian disusul batle marching band dan rampag serta tarian kolosal Indonesia Raya.

Baca Juga: Lima Cabor di Porprov VI Banten akan Bertanding Lebih Awal


Upacara pembukaan Porprov VI Banten ini kemudian dibuka oleh Pj Gubernur Banten Al-Muktabar. Secara simbolik ia akan menyerahkan api obor ke salah satu atlet yang diikuti oleh 7 atlet di belakangnya membawa obor menuju kalderon untuk dinyalakan.

Pada penghujung acara akan menampilkan band Sahitya yang akan menyanyikan lagu resmi Porprov VI Banten. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cabor Golf Boyong 3 Emas dan 2 Perak

Jumat, 25 November 2022 | 19:22 WIB

Atlet Panjat Tebing Kota Tangerang Raih Empat Emas

Selasa, 22 November 2022 | 17:33 WIB
X