• Kamis, 8 Desember 2022

7 Jenis Istirahat yang Tepat untuk Tubuh Anda

- Rabu, 24 November 2021 | 10:30 WIB
Ilustrasi seseorang sedang istirahat (freepik)
Ilustrasi seseorang sedang istirahat (freepik)

LENSABANTEN.COM - Tubuh yang sehat adalah tubuh yang memiliki waktu istirahat yang baik. Istirahat bagi tubuh ialah sama pentingnya seperti makan dengan benar atau berolahraga secara teratur.

Orang kadang beranggapan bahwa istirahat adalah waktu untuk tidur, namun istirahat yang baik baik kesehatan ternyata tidak melulu soal tidur, lho.

Istirahat fisik dan istirahat mental adalah jenis istirahat yang paling familiar, namun sesungguhnya masih ada lima jenis istirahat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut pembahasannya.

  1. Istirahat Fisik

Istirahat fisik diartikan sebagai istirahat yang berguna untuk merelaksasikan otot tubuh dan pikiran setelah lelah melakukan aktivitas rutin harian. Tidur dapat dikategorikan sebagai istirahat fisik yang berguna untuk memulihkan energi. Selain tidur, kegiatan relaksasi seperti yoga dan pijat juga termasuk kedalam jenis istirahat fisik. Jadi, aturlah jadwal rutin untuk pijat atau yoga demi merelaksasikan otot tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Tak Selamanya Negatif, Ini 7 Rasa Malas yang Membawa Keuntungan

  1. Istirahat Mental

Istirahat mental juga tak kalah pentingnya dengan istirahat fisik. Fisik yang sehat bila tidak dilengkapi dengan mental yang sehat juga dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Untuk mengistirahatkan mental, Dr. Sandra Dalton-Smith menjadwalkan istirahat singkat setiap dua jam sekali agar memberi kesempatan otak untuk istirahat sejenak. Istirahat tersebut dapat dilakukan hanya dalam waktu 15 menit saja.

 

  1. Istirahat Sosial

Istirahat sosial secara sederhana dapat digambarkan sebagai bentuk pergaulan yang dibutuhkan demi mencari orang-orang yang dapat membuat Anda merasa nyaman dan berharga. Maksudnya adalah, orang akan memilih dan mencari teman yang sefrekuensi dan menghindari teman yang toxic agar tidak membawa dampak negatif bagi kehidupan.

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Ajukan Uji Lab UMKM di Kota Tangerang

Senin, 24 Oktober 2022 | 08:37 WIB

Debu Ajak Warga Tangerang Bersholawat kepada Nabi

Selasa, 11 Oktober 2022 | 11:20 WIB

Nasi Kebuli Bintang Sawi Go Internasional

Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:05 WIB

Mal Ciputra Tangerang Gelar Community Fest

Sabtu, 24 September 2022 | 14:36 WIB
X