5 Hal Tentang Perawatan Kulit Kepala

-Lifestyle-66 views

LensaBanten – Bukan suatu yang mustahil bila perawatan kulit kepala merupakan salah satu proses yang sangat penting jika anda menginginkan rambut yang sehat dan berkilau, karena kulit kepala merupakan tempat dimana akar rambut melekat dan tumbuh.

Selain itu di kulit kepala pula rambut mencari dan meresap nutrisi bagi kebutuhan rambut agar tumbuh sehat dan berkilau.

Maka dari itu diperlukan langkah yang tepat untuk perawatan kulit bagian kepala agar anda mendapatkan hasil rambut sehat dan berkilau.

Lima langkah perawatan kulit kepala

1. Keramas

Kebersihan rambut terutama kulit kepala merupakan hal yang sangat mendasar harus dilakukan untuk mendapatkan rambut yang indah, sehat, dan berkilau.

Menjaga kebersihan kulit kepala dengan keramas secara teratur akan membantu kulit kepala bernafas dengan bebas karena dibersihkannya kotoran yang terdapat di kulit kepala yang menutupi pori-pori.

Sebaiknya dalam satu minggu lakukan minimal 2 kali keramas, jangan terlalu sering namun juga jangan terlalu jarang.

Karena jika terlalu sering keramas maka rambut menjadi kering dan mudah rontok karena pelemahan akar.

Sedangkan jika terlalu jarang keramas, maka pori-pori di kulit kepala akan tertutup kotoran sehingga menyebabkan rambut tumbuh dengan keadaan yang tidak sehat.

2. Pengelupasan Kulit Mati

Selain kotoran, kulit mati di kulit kepala pun dapat menjadi salah satu penyumbat pori-pori sehingga menyebabkan akar rambut tidak menerima nutrisi dan bernafas secara optimal.

Maka dari itu diperlukan perawatan kulit kepala dengan melakukan pembersihan kulit mati, pembersihan ini dapat dilakukan dengan menggunakan scrub. Caranya adalah dengan menggosok kulit kepala dengan scrub secara perlahan.

Pembersihan ini minimal dilakukan selama satu bulan sekali.

3. Atasi Ruam Merah di Kulit Kepala

Salah satu ciri kulit kepala yang kurang atau tidak sehat adalah timbulnya ruam merah di kulit kepala. Ruam ini dapat menyebabkan kerontokan rambut yang luar biasa.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi ruam merah di kepala adalah dengan menggunakan shampo yang mengandung zinc.

Namun jika ternyata tidak ampuh maka anda harus cepat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Jangan tunda, karena hal ini dapat menimbulkan kebotakan.

4. Cegah dan Lawan Ketombe

Salah satu faktor yabg berkontribusi besar terhadap masalah kesehatan dan kecantikan rambut adalah ketombe. Ketombe berasal dari kotoran maupun keringat berlebih yang menumpuk di kulit kepala dan tidak dibersihkan.

Hal ini menyebabkan kerontokan rambut. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan dengan cara sederhana dirumah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa secara teratur di kulit kepala selama 10-15 menit setiap hari.

5. Menyisir Rambut

Menyisir rambut membantu rambut untuk bernafas dan membuat rambut terlihat tertata dengan rapi.

Menyisir rambut tidak boleh sembarangan, mulai dari tipe sisir yang digunakan hingga proses menyisir, karena jika dilakukan dengan sembarangan maka rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok.

Jika anda memiliki rambut keriting, lebih baik memilih sisir dengan gerigi yang besar dan bulu sikat yang halus, namun jika anda memiliki rambut lurus maka gunakan sisir dengan gerigi yang rapat.

Menyisir rambut minimal dua kali sehari, hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga kesehatan dan kecantikan rambut tetap terjaga.

Demikian beberapa langkah mengenai perawatan kulit kepala untuk menghasilkan rambut yang sehat, kuat, dan berkilau.

Perawatan kulit kepala untuk rambut yang sehat, kuat, dan berkilau akan semakin memperindah penampilan anda, karena sejatinya mahkota setiap manusia ada pada keindahan dan kesehatan rambutnya. Semoga bermanfaat.

Comment

Feed