8 Cara Alami Untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

-Lifestyle-102 views

LensaBanten – Gangguan Pencernaan bisa jadi masalah kesehatan tubuh yang berakibat serius, oleh karena itu harus lebih hati-hati jika tidak ingin dampaknya bagi kesehatan semakin memburuk. Saat mengalami ganguan pencernaan seperti susah buang air besar, cara mengatasi ganguan pencernaan bisa dilakukan dengan menggunakan bahan makanan kesehatan yang mudah didapatkan disekitar kita.

Umumnya, setiap orang pria maupun wanita dari berbagai kelompok usia bisa terpengaruh terhadap gangguan pencernaan, ini terjadi lantaran:

  • Mengkonsumsi alkohol
  • Konsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit yang dapat mengiritasi lambung
  • Terdapat kelainan saluran pencernaan, seperti maag
  • Sering mengalami kecemasan atau depresi

gangguan pencernaan

Gejala yang dialami bisa berupa rasa nyeri pada bagian perut yang diiringi dengan demam, rasa mual dan terjadi perubahan pada kebiasaan saat BAB.

Sudah pasti ini akan membuat ketidaknyamanan bahkan dapat menggangu aktifitas. Namun, para praktisi kesehatan meyakini kondisi ini juga bukan tidak dapat diatasi sepenuhnya. Lakukan perawatan terbaik saat mengalami dan menjaga asupan makanan bagi tubuh saat sedang tidak terjadi masalah pencernaan. Bahkan bisa juga mengatasinya dengan cara alami.

Delapan cara alami atasi gangguan pencernaan

1. Bayam
Bayam mengandung serat dan zat besi. Seperti telah kita ketahui, bahwa makanan yang memiliki serat dapat dijadikan untuk melancarkan pencernaan. Dengan konsumsi bayam secara teratur serat tubuh tetap seimbang dan pencernaan akan menjadi sehat. Selain itu sayuran ini sangat bermanfaat juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Wortel
Kandungan yang terdapat dalam wortel sangat banyak sekali diantaranya yaitu, magnesium, kalsium, fosfor, sodium, kalium, zat besi, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C. Jenis sayuran ini merupakan asupan yang sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Wortel biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, dan menurunkan kolestrol. Akan tetapi sayuran ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar karena dalam wortel terdapat kandungan serat yang sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan.

3. Air Putih
Air putih memang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat dilakukan setiap hari deengan mudah. Minum air putih yang cukup dapat menghindari berbagai macam jenis penyakit. Biasanya masalah pencernaan bisa juga disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi air putih 8 gelas perhari dapat membantu melunakkan feses yang bisa membuat proses pencernaan menjadi lancar.

4. Pepaya
Mengkonsumsi buah pepaya jika dilakukan secara teratur, dapat dengan cepat melancarkan pencernaan karena dalam buah pepaya terdapat kandungan yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

5. Olahraga Teratur
Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Karena bisa merangsang kinerja otot-otot dalam usus, sehingga akan membuat proses pembuangan kotoran menjadi lebih mudah dilakukan. Anda bisa mencobanya dengan olahraga yang ringan saja seperti, lari pagi, senam, renang, atau dengan olahraga yang Anda sukai.

6. Kubis
Kandungan yang terdapat dalam kubis yaitu, vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, jenis sayuran ini memiliki kandungan serat yang sangat banyak, sehingga bisa juga dijadikan untuk mengatasi masalah pencernaan. Untuk itu, konsumsilah kubis secara rutin agar pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

7. Hindari Stress
Perilaku ini memang harus Anda hindari karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Kebiasaan buruk ini juga dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan karena bisa melambatkan dan meningkatkan gerakan peristaltis. Apabila gerakan peristaltis melambat akan mengakibatkan perut begah, sembelit, dan nyeri. Sedangkan jika gerakan peristaltis meningkat akan menyebabkan terjadinya masalah diare.

8. Berhenti Merokok
Merokok dapat menjadi salahsatu sebab yang menghambat proses pencernaan. karena dengan merokok akan meningkatkan produksi asam lambung. Didalam pencernaan terdapat esophagus, fungsinya untuk membantu menggerakkan makanan dari faring menuju ke lambung dengan gerakan peristaltis. Orang yang merokok dapat mengalami gangguan fungsi esophagus dan berakibat iritasi dalam pencernaan.

Supaya pencernaan tetap sehat, mulailah dengan melakukan pola hidup sehat setiap hari. Mengatasi masalah pencernaan adalah supaya aktifitas sehari-hari menjadi tidak terganggu dan sistem pencernaan tetap terjaga.

Beberapa langkah tersebut hanya sebagai tindakan awal bila gangguan pencernaan tetap berlanjut segera ke dokter. (paps)

Feed