Lakukan ini Bisa Dilakukan Jika Anak Alergi Susu Sapi

Sebagian anak ada yang mengalami alergi susu sapi, yaitu kondisi di mana sistem imunitas tubuh memberikan respons yang berlebihan terhadap kandungan protein di dalam susu.

Tidak perlu khawatir berlebihan jika anak alergi susu sapi. Karena, dengan penanganan yang cepat dan tepat, sebagian besar alergi susu sapi dapat teratasi.

Lakukan penanganan tepat untuk anak alergi susu sapi dengan cara berikut;

1. Perhatikan makanan pantangannya

Prinsip utama menangani anak dengan alergi susu sapi adalah dengan menghindari makanan yang mengandung susu sapi dan segala jenis produk turunannya. Misalnya, keju, yoghurt, mentega, dan krim. Tak cuma itu, berbagai makanan yang mengandung susu, seperti kue, biskuit, dan puding, juga tak boleh luput dari perhatian.

Akan tetapi, memantang makanan tersebut juga tergantung dari berat ringannya gejala alergi yang muncul. Anak yang memiliki gejala alergi ringan mungkin masih tidak mengapa mengonsumsi kue atau roti yang mengandung susu. Namun, pada anak yang memiliki gejala alergi berat, bisa saja berdampak buruk.

2. Berikan makanan pengganti

Susu dan produk turunannya terutama kaya akan protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, zink, dan vitamin B12. Oleh karena itu, meskipun anak punya alergi susu, pemberian makanan dengan nutrisi yang lengkap dan seimbang tetap harus Bunda perhatikan.

Jangan sampai, Bunda sibuk memantang berbagai jenis makanan, tapi lupa memberikan makanan pengganti yang punya gizi setara. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko anak mengalami kekurangan zat gizi tertentu.

Sekalipun anak didiagnosis memiliki alergi susu sapi, janganlah menyerah dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkannya. Cobalah untuk lebih kreatif dalam memberikan alternatif atau makanan pengganti, agar pertumbuhan dan kesehatan anak tetap terjaga. Jika perlu, konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat. (paps/dbs)

Comment

Feed