4 Campuran Bahan Alami Ini Bisa Lancarkan Haid

-Lifestyle-87 views

LensaBanten – Tidakadanya pembuahan dalam sel telur sehingga merangsang rahim untuk mengeluarkannya, ini menandakan menstruasi atau haid. Rentang waktu normal terjadinya haid setiap 21-35 hari sekali.

Namun, tak sedikit perempuan yang mengalami hambatan. Akibatnya siklus haid terganggu dan mempersulit aktivitas sehari-hari.

Kalau kamu mengalami ini, maka diperlukan tindakan dalam melancarkan siklusnya. Berikut ini rangkuman beberapa minuman yang direkomendasikan untuk melancarkan haidmu setiap bulannya.

 

Minuman Buah Markisa Segar

1. Air Rendaman Buah Markisa

Air buah markisa mengandung vitamin, serat dan antioksidan yang baik untuk siklus haid.

Buah markisa mampu melancarkan saluran pencernaan, mengurangi kolesterol, menjaga kesehatan jantung, menurunkan penyakit diabetes dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Ragam vitamin terkandung dalam buah markisa, diantaranya vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A buah markisa memiliki nutrisi penting bagi kulit, penglihatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sedangkan, kandungan vitamin C mengandung antioksidan guna membersihkan radikal bebas yang terhambat dalam tubuh seperti yang dilansir dari medical news today.

Maka dari itu, merendam buah markisa dalam air selama beberapa menit sangat baik untuk dikonsumsi.

Nutrisi, vitamin dan serat makanan dalam buah markisa efektif menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh saat haid. Rendaman air buah markisa ini bisa melancarkan sirkulasi darah dan antioksidan berperan membuang racun dalam rahim.

 

Campuran Lemon dan Madu

2. Campuran Lemon dan Madu

Melansir dari alodokter, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Manfaatnya bisa meningkatkan metabolisme dan melawan radikal bebas. Tak jauh berbeda dengan lemon, madu juga berperan penting dalam meningkatkan kesuburan dan menambah energi tubuh.

Saat haid, perempuan seringkali merasa kelelahan dan nyeri. Perpaduan kedua bahan alami ini efektif dikonsumsi saat haid.

Air campuran lemon dan madu bisa membuang kotoran, racun, mempertahankan metabolisme dan menyegarkan tubuh.

Meski kaya manfaat, kamu perlu perhatikan takaran minumnya. Kalau terlalu berlebihan, efek samping dari mengonsumsi lemon ini memicu asam lambung.

 

Minum Air Jahe dan Gula Merah

3. Minum Air Jahe dan Gula Merah

Olahan jahe dengan campuran gula merah menjadi cara efektif saat haid. Dari laman alodokter menuliskan, meminum olahan air jahe bisa melancarkan sirkulasi haid.

Biasanya, banyak perempuan menjelang haid akan mengalami nyeri. Perbanyaklah mengonsumsi air jahe untuk meringankan premenstrual syndrome (PMS).

Tak hanya jahe, gula merah juga bisa melancarkan siklus haidmu. Kamu bisa tambahkan gula merah sebagai pemanis.

 

minuman buah beri segar

4. Minuman Buah Beri

Mengonsumsi olahan buah-buahan sangat baik bagi tubuh. Tak hanya menyegarkan dan membentuk kekebalan tubuh, sebagian buah juga efektif dikonsumsi saat haid.

Salah satunya adalah buah beri seperti raspberry, cranberry, blueberry, stroberi, goji beri dan juga ceri.

Kandungan antioksidan dalam buah-buahan ini bisa membuang racun di rahim dan meredakan nyeri saat haid.

Cara konsumsinya dengan merendam buah beri ke dalam air selama beberapa menit. Namun demikian, lebih bijak jika berkonsultasi dengan ahli atau dokter langganan Anda. (ag)

Comment

Feed