Liburan ke Banten, Ini Daftar Oleh-Oleh yang Sebaiknya Anda Bawa Pulang

Banten, LensaBanten – Pergi berlibur selain identik dengan pesona/panorama wisata juga identik dengan makanan khas daerah dimana wisata tersebut berada. Memang, masa liburan tidak hanya menjadi momen yang pas untuk me-refresh pikiran atau menciptakan quality time bersama keluarga, tetapi juga menjadi saat yang ideal untuk lidah Anda ‘berkenalan’ dengan makanan khas yang ada di objek wisata tersebut.

Selain itu, pastinya liburan masih kurang lengkap rasanya bila tidak sekalian membawa pulang oleh-oleh khas daerah tersebut. Nah, untuk Anda yang hendak berlibur ke Provinsi Banten dan tengah memikirkan kira-kira oleh-oleh apa yang bisa Anda bawa pulang dari sana, berikut kami akan bagikan beberapa referensinya.

a. Rengginang
Rengginang adalah salah satu makanan khas Banten yang bisa dikategorikan sebagai kerupuk. Jika pada kerupuk yang lainnya bahannya harus dihaluskan terlebih dahulu, berbeda halnya dengan rengginang ini yang nasinya memang sengaja dibiarkan sesuai dengan bentuknya. Nah, saat ini rengginang sudah hadir dalam berbagai varian rasa, jadi Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera Anda.

b. Kue Satu
Kue satu juga menjadi oleh-oleh khas Banten yang bisa Anda bawa pulang. Kue ini adalah kue kering sehingga otomatis bisa bertahan dalam jangka waktu yang agak lama. Sedangkan bahan dasar pembuatannya adalah kacang ijo yang dihaluskan, tetapi sekarang kue ini sudah tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran bahkan rasa.

Daftar-Oleh-Oleh-banten

c. Emping Melinjo
Jika Anda menyukai sensasi rasa melinjo yang agak pahit, mungkin emping melinjo bisa menjadi oleh-oleh khas Banten yang bisa Anda bawa pulang ke rumah. Sesuai dengan namanya, emping melinjo ini terbuat dari melinjo yang disangrai di dalam pasir panas lalu dipukul dengan menggunakan alat khusus sehingga menjadi gepeng. Nah, setelah gepeng ini, melinjo masih harus dijemur sampai benar-benar kering.

Jika Anda ingin menikmatinya, otomatis Anda harus menggorengnya terlebih dahulu. Anda bahkan bisa menambahkan berbagai rasa untuk menambah nikmatnya. Sedangkan mengenai harga emping melinjo ini sangat variatif yang tergantung pada lokasi pembelian, ukuran, berat serta rasanya.

d. Emping Jengkol
Oke, lanjut ke oleh-oleh yang berikutnya ya, yakni emping jengkol. Banyak orang yang tidak menyukai bau jengkol yang lumayan ‘semerbak’ ini. Namun, jika Anda merasa tidak bermasalah dengan bau jengkol, tentu emping jengkol juga termasuk ke dalam oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

e. Gipang
Gipang adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dikukus, lalu dikeringkan kemudian digoreng lalu dicampurkan dengan karamel. Gipang ini adalah makanan khas yang memiliki citarasa manis dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

f. Ceplis
Sedangkan kalau ceplis adalah oleh-oleh khas Banten yang hampir sama dengan emping melinjo. Hanya saja bedanya jika emping melinjo, melinjo akan dipipihkan sampai gepeng, ceplis justru tidak. Melinjo ini hanya dipihkan saja namun tidak sampai gepeng.

g. Bontot
Jika kata bontot selama ini identik dengan anak terakhir, berbeda halnya dengan di Banten. Bontot ialah nama makanan/camilan yang justru menjadi oleh-oleh yang layak untuk Anda bawa pulang ke rumah. Makanan yang satu ini adalah camilan yang memiliki popularitas di daerah Tangerang, Banten yang dibuat dari tepung aci, lalu dicampur dengan terasi atau ikan sehingga rasanya cukup gurih.

Nah, itulah diatas beberapa oleh-oleh khas Banten yang mungkin beberapa diantaranya bisa Anda masukkan ke dalam daftar oleh-oleh yang harus Anda beli. Semoga bermanfaat ya. (ag)

Comment

Feed