Gelar Cerdas Cermat Kadarkum, Airin Minta Warga Tangsel Melek Hukum

-Lensa-154 views

LensaBanten – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Lomba cerdas cermat Kadarkum (Keluarga Sadar Hukum) tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2019 bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Riany meminta masyarakat untuk melek terhadap hukum. Karenanya, ia mengapresiasi keberadaan Kelompok Sadar Hukum (Kadarkum) yang dibina Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tangsel.

“Setiap warga negara wajib tahu hukum. Hukum dibuat berdasarkan norma, azas yang diberlakukan sejak dulu dan dibuat secara tertulis. Jadi jika ada warga tidak mengetahui hukum itu salah,” kata Airin saat gelaran lomba cerdas cermat Kadarkum di Balaikota Tangsel, Selasa (17/09/2019) lalu.

Lomba cerdas cermat kadarkum Tangsel

Ia menilai, proses sadar hukum akan tumbuh secara berangsur-angsur dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Semoga dengan diadakannya lomba cerdas cermat tingkat Kota Tangerang Selatan Tahun 2019 ini dapat menjadi semangat kita bersama untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat demi terwujudnya budaya hukum dan masyarakat yang cerdas hukum,” ujarnya.

baca juga: Pemkot Tangsel Luncurkan Kartu Perpustakaan Multiguna

Pada bagian lain, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Imam Suyudi dalam sambutanya menjelaskan bahwa keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) sebagai wadah untuk menghimpun warga masyarakat yang berkesadaran hukum dan meningkatkan kadar kesadaran hukum.

“Pelaksanaan lomba ini dimaksudkan agar para peserta mampu memahami dan mentaati peran dan fungsinya, terutama dalam bidang penegakan hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat,” kata Imam Suyudi.

Dalam kegiatan ini Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten sebagai dewan juri dan pemandu jalannya kegiatan.

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Tangsel, Mohammad Ervin Ardani mengatakan Kelompok Kadarkum dibentuk untuk menyosialisasikan aturan-aturan kepada masyarakat.

“Lomba cerdas cermat Kadarkum yang dilaksanakan, untuk menambah wawawsan para Kelompok Kadarkum, khususnya wawasan tentang hukum,” pungkasnya. (lenba/dbs)

Comment

Feed