• Minggu, 5 Februari 2023

Hal Tabu yang Tak Boleh Dilakukan Saat Hari Imlek 2023, Dilarang Menyapu dan Mencuci!

- Jumat, 20 Januari 2023 | 11:23 WIB
Pantangan yang wajib dihindari oleh masyarakat Tionghoa di Medan saat perayaan Imlek, demi mendapat keberuntungan di sepanjang tahun. (Pixabay)
Pantangan yang wajib dihindari oleh masyarakat Tionghoa di Medan saat perayaan Imlek, demi mendapat keberuntungan di sepanjang tahun. (Pixabay)

 



LENSABANTEN.COM, TANGERANG - Perayaan tahun baru China atau yang biasa dikenal dengan sebutan tahun baru Imlek ini sudah didepan mata. Sejumlah kesiapan pun dilakukan oleh rumah ibadah klenteng serta para keturunan Tionghoa yang ada di Indonesia.

Sejumlah kesiapan menyambut tahun baru Imlek di 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dibatasi karena pandemi Covid19. Di tahun baru Imlek 2574 saat ini sudah tida ada lagi PPKM namun demikian masyarakat tetap dihimbau waspada dan sadar akan menjaga kesehatan.

Namun jangan lupa bahwasannya di perayaan tahun baru Imlek bagi sebagian besar umat Tionghoa masih mempercayai adanya hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Baca Juga: Penataan Pasar Lama, Pedagang Dihimbau Patuhi Aturan

Apa saja takhayul tahun baru imlek yang terdapat hal yang tidak boleh dilakukan itu.

Orang Tionghoa secara tradisional percaya bahwa awal tahun mempengaruhi sepanjang tahun, jadi Festival Musim Semi China adalah musim takhayul.

 Dipercayai bahwa seperti apa sesuatu itu (warna, bentuk), dan seperti apa namanya, memberikan makna keberuntungan atau naas. Ada banyak hal yang tidak dapat Anda lakukan:

   1. Jangan menyapu pada Hari Tahun Baru, jika tidak, Anda akan 'menyapu semua keberuntungan Anda'.
   2. Jangan makan bubur untuk sarapan, jika tidak, Anda akan 'menjadi miskin di tahun mendatang'.
   3. Jangan mencuci pakaian dan rambut Anda (pada Hari Tahun Baru), jika tidak, Anda akan 'menghilangkan kekayaan'.

Baca Juga: Nikmati Promo All You Can Eat di Hotel Grand Zuri BSD City

Itulah sejumlah hal hal tabu yang tak boleh dilakukan saat hari Imlek 2023. Jika sejumlah hal itu dilakukan maka dipercayai akan ada hal negatif yang akan berdampak pada diri seseorang.

Semoga informasi hal hal tabu yang tak boleh dilakukan saat hari Imlek 2023 bermanfaat, Anda boleh percaya atau tidak. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usut Tuntas, Penembakan Waketum JMSI

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:41 WIB

Penambahan Masa Jabatan Kades, Gagasan Ceroboh

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:13 WIB
X