• Minggu, 5 Februari 2023

3 Orang Tewas pada Bentrokan Pekerja di Perusahaan Nikel di Morowali, Berikut Kronologisnya

- Minggu, 15 Januari 2023 | 17:14 WIB
Tampak api membara saat terjadi pertikaian di  PT GNI Morowali Utara (Sumber foto: Tangkapan Layar)
Tampak api membara saat terjadi pertikaian di PT GNI Morowali Utara (Sumber foto: Tangkapan Layar)



LENSABANTEN.COM, MOROWALI - Bentrokan antar pekerja terjadi di perusahaan tambang nikel PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) di daerah Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu 14 Janari 2023 kemarin.

Pada bentrokan tersebut menewarkan tiga orang, dimana dua orang teridentifikasi merupakan pekerja tenaga lokal dan satu orang tenaga kerja asing (TKA) asal Cina.

Pihak kepolisian setempat pun bergerak cepat mengamankan lokasi kejadian dan menangkap sebanyak 69 orang yang diduga kuat terlibat dalam bentrokan tersebut.

Baca Juga: Biadab, Oknum Polisi Tega Bolehkan Istrinya Berhubungan Badan dengan Temannya, Kompolnas Meradang

Saat ini sebanyak 69 orang pekerja tersebut sementara ini diamankan dan tengah menjalani interograsi di kantor Polres Morowali Utara.

Kepala Bidang (Kabid) humas Polda Sulteng Komisaris Besar (Kombes) Didik Supranoto mengungkapkan bahwa membenarkan terjadinya peristiwa bentrokan yang berujung meninggalnya tiga orang pekerja di kawasan GNI.

"Saat ini 69 orang dan sejumlah barang bukti telah diamankan di Maplres untuk dimitai keterangan terkait periswita ini,"kata Didik, Minggu 15 Januari 2023.

Baca Juga: Kurun Tahun 2022, Imigrasi Soekarno Hatta Menolak Masuk 1.222 Orang Asing

Dalam siaran resmi Polda Sulteng, dijelaskan bahwa peristiwa bentrokan bekerja di PT GNI terjadi sejak Sabtu 14 Januari 2023 kemarin. Kombes Didik mengungkapkan bentrokan terjadi berawal dari aksi unjuk rasa para pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Unjuk rasa terjadi di Pos 4 dan Pos 5 di PT GNI. Unjuk rasa diikuti ratusan pekerja sejak pukul enam pagi waktu setempat.

Ia melanjutkan, bahwasannya unjuk rasa itu terjadi lantaran pada proses mediasi di hari Jumat 13 Januari 2023 tidak menemui titik kesepakatan antara serikat pekerja dan PT GNI di kantor Dinas Ketenagakerjaan Morowali Utara.

Baca Juga: Terowongan Terpanjang di Indonesia Ada di Tol Cisumdawu

"Ketidaksepakatan itu terkait satu dari delapan tuntutan pekerja yang tidak bisa dipenuhi PT GNI,"imbuny Kombes Didik.

Perihal satu tuntutan yang belum bisa dipenuhi PT GNI yakni tentang tuntutan agar PT GNI mempekerjakan kembali anggota SPN yang dipecat lantaran mengikuti aksi mogok kerja sebelumnya.

Sedangkan tujuh tuntutan lainnya, lanjut Kombes Didik telah menemui kata kesepakatan, seperti kewajiban penerapan K3 dan memberikan APD lengkap bagi pekerja sesuai bidangnya.

"Aksi tersebut diikuti lebih dari 300 sampai 500-an orang pekerja,"beber Kombes Didik. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usut Tuntas, Penembakan Waketum JMSI

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:41 WIB

Penambahan Masa Jabatan Kades, Gagasan Ceroboh

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:13 WIB
X