• Minggu, 5 Februari 2023

Terowongan Terpanjang di Indonesia Ada di Tol Cisumdawu

- Kamis, 29 Desember 2022 | 10:22 WIB
Dinobatkan Jadi Tol Paling Indah di Indonesia, Begini Penampakan Tol Cisumdawu Jelang Tahun Baru 2023 (TikTok / @_jusufhamkaunofficial_)
Dinobatkan Jadi Tol Paling Indah di Indonesia, Begini Penampakan Tol Cisumdawu Jelang Tahun Baru 2023 (TikTok / @_jusufhamkaunofficial_)

 


LENSABANTEN.COM, CISUMDAWU - Indonesia saat ini memiliki terowongan terpanjang yang berada di lajur tol daerah tol Cisumdawu atau Cileunyi-sumedang-Dawuan. Tol ini baru saja diresmikan pada awal Desember 2022.

Saat ini tol Cisumdawu sudah dibuka sebanyak 3 seksi hingga GT Tol Cimalaka dari awalnya dibuka 1 seksi.

Posisi terowongan terpanjang yang ada di tol Cisumdawu ini berada di seksi 2. Untuk saat ini akses Tol Cisumdawu hingga terowongan tersebut kini masih digratiskan.

Baca Juga: Pemerintah Mulai Panas, KKB akan Ditangkap Hidup-hidup atau Mati

Dikutip Lensabanten.com dari Pikiran-Rakyat.com  pada Kamis, 29 Desember 2022, akses Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 dibuka untuk fasilitasi lonjakan lalu lintas yang terjadi pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Kegiatan fungsional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan Seksi 3 ini sebagia bentuk sosialisasi untuk masyarakat para pengguna jalan tol yang akan dioperasikan dengan tarif 0," kata Kasatker PJBH Cisumdawu, Yuanita Kiki dalam keterangan resminya.

"Ini dilakukan sampai adanya penetapan tarif dari bapak Menteri PUPR," tuturnya lagi.

Baca Juga: Pendapatan Pajak Tahun 2022 Kota Tangsel Melebihi Target

Untuk jalur yang dibuka, Tol Cisumdawu seksi 2 menghubungkan GT Pamulihan menuju GT Sumedang dengan panjang jalur 17,05 KM.

Sedangkan seksi 3 menghubungkan GT Sumedang menuju GT Cimalaka dengan rute hanya sepanjang 4,05 KM.

Terowongan terpanjang di Indonesia itu ada di bagian seksi 2 Tol Cisumdawu yang melintasi jalanan bagian bawah Rancakalong.

Baca Juga: 780 Petugas PUPR Kota Tangerang Siaga 24 Jam Antisiasi Cuaca Ekstrem

Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Seksi 2 (Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km) dan Seksi 3 (Sumedang-Cimakala 4,05 km) Tol Cisumdawu bisa mulai difungsikan.(PUPR)*


Terowongan memiliki panjang 472 meter, dengan lebar 14 meter yang memiliki jalur dua arah.

Perlu diketahui bahwa seksi 2 dan seksi 3 Tol Cisumdawu ini sudah melaksanakan Uji Laik Fungsi pada November 2022 kemarin.

Pada saat itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan hadirnya Tol Cisumdawu dapat memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya di wilayah Cileunyi - Sumedang - Dawuan dan sekitarnya.

Baca Juga: 305 Wisatawan Terjebak di Karimunjawa, Ganjar Pranowo akan Lakukan E Evakuasi

"Dengan kelancaran waktu dan jarak tempuh yang dapat dipangkas melalui kehadiran Jalan Tol Cisumdawu, tentunya akan semakin meningkatkan pendistribusian barang dan jasa serta menghemat operasional bahan bakar kendaraan," ujar Danang.

Sebagai informasi tambahan, Tol Cisumdawu akan dibuat sebanyak 6 seksi yang akan menghubungkan langsung tol Cileunyi dengan Tol Dawuan yang bisa langsung melintasi Tol Trans Jawa. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usut Tuntas, Penembakan Waketum JMSI

Jumat, 3 Februari 2023 | 22:41 WIB

Penambahan Masa Jabatan Kades, Gagasan Ceroboh

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:13 WIB
X