• Minggu, 2 Oktober 2022

Aktivis Lingkungan Ungkap Potensi Longsor TPA Cipeucang

- Senin, 12 September 2022 | 13:49 WIB
Aktivis Lingkungan Banksasuci Ade Yunus saat menggelar aksi di kawasan TPA Cipeucang (Ist)
Aktivis Lingkungan Banksasuci Ade Yunus saat menggelar aksi di kawasan TPA Cipeucang (Ist)



                
LENSABANTEN.COM - Tumpukan sampah di TPA Cipeucang dinilai oleh aktivis lingkungan berpotensi longsor lagi. Hal tersebut lantaran saat ini pengiriman sampahdari TPA Cipeucang ke TPA Colowong Kota Serang terhenti sehingga penumpukan terus terjadi.

Hal itu menarik perhatian aktivis lingkungan dari Banksasuci (Bank Sampah Sungai Cisadane) Ade Yunus yang mendorong agar secapatnya pemerintah Kota Tangerang merespon kondisi terkini TPA Cipeucang. Tindakan preventif harus dilakukan agar kejadian longsor pada 2020 silam tidak kembali terjadi.

"Setiap bulan memang rutin kita melakukan monitoring TPA Cipeucang, dan kondisi di Pekan terakhir kali ini sangat mengkhawatirkan dan berpotensi longsor kembali ke Sungai Cisadane," Ujarnya.

Baca Juga: Pengiriman Terhenti, Penumpukan Sampah di TPA Cipeucang Bertambah 1200 Ton Selama 3 Hari


Untuk itu, pihaknya meminta Pemkot Tangsel untuk segera meminimalisir tumpukan sampah salah satunya dengan cara memaksimalkan TPS3R dan bank sampah di wilayah.

"Pemkot Tangsel tentu sudah belajar dari tragedi longsornya TPA Cipeucang pada Mei 2020 lalu,  kita minta segera lakukan tindakan preventif agar tidak terulang lagi, banyak cara  untuk meminimalisir tumpukan sampah, salah satunya memaksimalkan TPS3R dan Bank Sampah diwilayah," tambahnya.

Disinggung terkait wacana Pemkot Tangsel menerapkan Teknologi PSEL ( Pembangkit Sampah Energi Listrik ), Ade minta Pemkot untuk lebih mengambil tindakan realistis, cepat dan terarah.

Baca Juga: Truk Sampah di Tangsel Disebut Tidak Layak, Begini Kata Wakil Walikota

"Penerapan PSEL itu tidak semudah mengembalikan telapak tangan, butuh proses dan waktu, Kota Tangerang yang jelas sudah MoU PSEL hingga saat ini progresnya masih berkutat pada kajian dan administrasi, apalagi Tangsel," kata Ade. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UAS Resmikan Rumah Tahfidz Pengurus JMSI

Jumat, 16 September 2022 | 10:38 WIB

Bank bjb Raih Top GRC Award 2022

Rabu, 7 September 2022 | 11:46 WIB

Citilink Angkat Jaka Ari Triyoga Sebagai Direktur Teknik

Selasa, 6 September 2022 | 20:00 WIB
X