• Minggu, 2 Oktober 2022

Jika Tuntutan Tidak Dipenuhi, 5 Juta Buruh Siap Turun Ke Jalan

- Selasa, 6 September 2022 | 18:14 WIB
Potret Aksi Buruh Hari Ini, Rabu 15 Juni 2022 (Istimewa )
Potret Aksi Buruh Hari Ini, Rabu 15 Juni 2022 (Istimewa )

 


LENSABANTEN.COM - Pasca harga BBM naik, masyarakat Indonesia bereaksi menolak lantaran keputusan itu dinilai tidak tepat disaat kondisi bangsa Indonesia tengah bangkit pasca Pandemi.

Merespon itu, berbagai elemen masyarakat termasuk dari buruh menggelar unjuk rasa menuntut penolakan kenaikan harga BBM. Jika tuntutan ini tidak dipenuhi maka akan ada gelombang massa yang lebih besar.

 Presiden Buruh Indonesia, Said Iqbal, dalam orasinya kepada aksi massa, ia mengatakan apabila aksi demo pada Selasa 9 September 2022 tidak didengar pemerintah, 5 juta buruh siap bersatu untuk mogok nasional.

Baca Juga: Polrestro Tangerang Kota Kawal Peserta Unjuk Rasa ke Jakarta, Ingatkan Pelajar Tak Ikut-ikutan

“kami akan melawan terus, bilamana pemerintah tetap tidak menurunkan Bahan Bakar Minyak (BBM), Omnibus Law tetap disahkan, upah tidak dinaikan, mogok nasional dan stop produksi,” ucapnya, Selasa 6 September 2022.

Aksi mogok nasional pernah dilakukan sebelumnya pada tahun 2012, ia mengklaim terbiasa dalam hal mogok nasional untuk menyetop produksi bertujuan melumpuhkan sektor ekonomi.

Elemen buruh se-Jabodetabek yang diorganisir oleh partai buruh, diantaranya ada organisasi serikat, buruh, petani, nelayan, miskin kota, pekerja rumah tangga, buruh migran, forum guru honorer, aktivis perempuan, lingkungan hidup.

Baca Juga: Pedagang Pasar Lama Enggan Dipindah ke Metropolis

Semua berkumpul di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Said menyatakan ada lebih dari 2000 massa aksi yang hadir.

Said juga menyebut aksi demo yang dilakukan bertujuan untuk bertemu dengan pimpinan DPR RI, namun sampai aksi demo berakhir tidak ada satupun respon dari DPR.

“Respon DPR pada hari ini tidak ada, mungkin mereka tidak punya niat baik untuk membuat Panitia Kerja (Panja) atau Panitia Khusus (Pansus) BBM,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Said mengungkapkan akan terus memperluas aksi baik bersama mahasiswa maupun kelompok masyarakat lainnya. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UAS Resmikan Rumah Tahfidz Pengurus JMSI

Jumat, 16 September 2022 | 10:38 WIB

Bank bjb Raih Top GRC Award 2022

Rabu, 7 September 2022 | 11:46 WIB

Citilink Angkat Jaka Ari Triyoga Sebagai Direktur Teknik

Selasa, 6 September 2022 | 20:00 WIB
X