• Minggu, 2 Oktober 2022

Tarif Ojol Bakal Naik, Begini Penjelasan Kemenhub

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:34 WIB
Ojek online (Foto: Afif Kusuma/Unsplash)
Ojek online (Foto: Afif Kusuma/Unsplash)

 

LENSABANTEN.COM - Setelah dibuat resah terkait informasi bakal naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi oleh pemerintah, kini menguat sinyal kenaikan tarif ojek online (ojol).

Beredar ramai informasi bakal naik tarif Ojol mulai 29 Agustus 2022. Meski saat ini diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih melakukan diskusi dengan operator dan kajian di masyarakat.

"Silakan tunggu karena kita juga enggak mau gegabah, pokoknya tunggu tanggal 29 Agustus," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Baca Juga: Selesai Mengantar Erick Thohir, Seorang Ojol Mengaku Nyesel

Saat didesak pertanyaan apakah kenaikan tarif baru untuk ojol akan efektif per tanggal 29 Agustus mendatang, Menhub masih belum menjawab dengan pasti. Selain itu juga turut ditanya perihal ada rencana kenaikan BBM apakah sudah menjadi pertimbangan. ***


 Menhub menjelaskan, semua unsur termasuk wacana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) sudah diperhitungkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 564 Tahun 2022.

Sebelumnya, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerbitkan regulasi terbaru untuk mengatur tarif ojek online yang tertuang melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi pada 14 Agustus.

Baca Juga: Panik Dikejar Korban, Jambret Tabrak Ojol dan Akhirnya Ditangkap

Namun keputusan tersebut diundur hingga 29 Agustus mendatang. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, hal tersebut diperlukan untuk melakukan sosialisasi kepada para stakeholder.

"Berdasarkan hasil peninjauan kembali diperlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan sosialisasi terhadap tarif baru ini bagi seluruh pemangku kepentingan, mengingat moda angkutan ojol berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas," ucapnya.

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UAS Resmikan Rumah Tahfidz Pengurus JMSI

Jumat, 16 September 2022 | 10:38 WIB

Bank bjb Raih Top GRC Award 2022

Rabu, 7 September 2022 | 11:46 WIB

Citilink Angkat Jaka Ari Triyoga Sebagai Direktur Teknik

Selasa, 6 September 2022 | 20:00 WIB
X