• Rabu, 30 November 2022

Imigrasi Soekarno Hatta Musnahkan 115.975 Arsip Fisik Keimigrasian

- Kamis, 21 Juli 2022 | 18:13 WIB
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Melakukan pemusnahan arsip fisik keimigrasian. (Ist)
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Melakukan pemusnahan arsip fisik keimigrasian. (Ist)

 

 




LENSABANTEN.COM – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Melakukan pemusnahan arsip fisik keimigrasian. Kegiatan pemusnahan ini juga dalam rangka melakukan penyusutan arsip. Tangerang, Kamis 21 Juli 2022.

Seiring dengan meningkatnya pelayanan keimigrasian baik terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) maupun terhadap Warga Negara Asing (WNA) pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, hal ini menyebabkan semakin menumpuknya berkas arsip. Ruangan yang tidak memadai mengakibatkan penataan arsip belum dapat dilakukan secara maksimal.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta Muhamad Tito Andrianto mengatakan, pemusnahan arsip fisik dirasa penting karena tata Kelola arsip yang baik dibutuhkan dalam rangka menjaga agar pelayanan keimigrasian terhadap masyarakat tetap terjaga.

Baca Juga: Imigrasi Soekarno Hatta Bekuk WNA dengan Paspor Palsu

“Untuk dapat menciptakan tata kelola arsip yang baik dan benar maka diperlukan penyusutan arsip berupa pemusnahan arsip yang telah memenuhi Jadwal Retensi Arsip (JRA) sesuai dengan ketentuan yang berlaku” Ujar Tito di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta, Kamis 21 Juli 2022.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta Melakukan pemusnahan arsip fisik keimigrasian. (Ist)


Kantor imigrasi kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta sendiri diketahui telah mengajukan persetujuan pemusnahan arsip fisik kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pihak ANRI sendiri berdasarkan surat edaran dari Kepala ANRI dengan nomor surat : B- KN.00.03/130/2022 tertanggal 28 Juni 2022 telah menyatakan persetujuanya untuk pemusnahan arsip fisik keimigrasian dengan total arsip yang dimusnahkan sejumlah 115.975 berkas arsip.

Dengan dilakukannya pemusnahan arsip fisik ini, kedepannya akan bermanfaat bagi masyarakat dan pegawai di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta. Bagi masyarakat manfaatnya berupa perolehan pelayanan keimigrasian yang prima.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Deportasi WNA Jepang, Tersangkut Dugaan Kasus Penipuan Bansos

Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Soekarno Hatta Muhamad Tito Andrianto juga bekomitmen kedepannya dapat membuat efisiensi kerja serta efektivitas kerja tercapai.

“agar tata Kelola arsip dapat terjaga dengan baik dan benar serta menghemat penggunaan sarana dan biaya penyimpanan arsip”. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aksi Hijau Kampung Berseri Astra Suntenjaya

Sabtu, 26 November 2022 | 16:17 WIB

BREAKING NEWS: Korban Gempar Cianjur Capai 56 Jiwa

Senin, 21 November 2022 | 19:03 WIB

Gempa di Cianjur, Porprov Banten Terkena Dampak?

Senin, 21 November 2022 | 16:40 WIB

Citilink Gandeng JNE Kolaborasi dalam Program Loyalty

Jumat, 18 November 2022 | 19:39 WIB

Cabuli 8 Murid, Guru SD di Bekasi Jadi Buronan Polisi

Jumat, 18 November 2022 | 09:24 WIB

Sempat Hilang, Koper Kaesang Pangarep Akhirnya Selamat

Senin, 14 November 2022 | 07:56 WIB
X