• Kamis, 8 Desember 2022

Anak Berperilaku Nakal, Pengamat : Keluarga Bermasalah Lingkungan Tidak Peduli

- Kamis, 14 Juli 2022 | 18:07 WIB
Puisi Kenakalan Remaja (Ist)
Puisi Kenakalan Remaja (Ist)

 

 

LENSABANTEN.COM - Kenakalan remaja akhir-akhir ini semakin meresahkan masyarakat. Tak sedikit bahkan, kenakalan itu berujung pada kematian seorang anak.

Terkait itu, Komisioner KPAI Jasra Putra mengatakan peran kehadiran keluarga dalam mendidik anak amatlah penting, dengan begitu potensi anak berbuat nakal dapat dicegah.

"Biasanya anak 'nakal' ada masalah dengan keluarga anak kekurangan kehangatan keluarga dan diperparah dengan lingkungan yang tidak peduli. Kita kan berharap saat keluarga bermasalah kemudian ada lingkungan yang bisa menguatkan,"ujar Jasra saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu 13 Juli 2022.

Baca Juga: Puluhan Pelajar Ikut Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Sejarah

Meski demikian ia menyebut anak merupakan orang yang harus mendapatkan perlindungan khusus, karena mereka juga korban yang biasa ada korban pola asuh, korban pornografi dan lainnya.

"Jadi jika ada keluarga yang bermasalah maka pemerintah daerah harus ada intervensi ke keluarga itu. Berdasarkan survey KPAI pada 2020 pada 15 ribu keluarga yang disurvey hampir 30 persen tidak mengetahui cara mengasuh anak, ini dampaknya luas,"imbuhnya.

Menurut Jasra maka pemerintah disarankan untuk dapat membuat program bagaimana melakukan pola asuh yang baik dan bagi masyarakat juga didorong dapat meningkatkan kepedulian dilingkungannya terutama melihat keluarga yang bermasalah.

Baca Juga: Baznas Kota Tangerang : Kasus ACT Sebagai Teguran Mungkin Kurang Amanah


Pada kesemaptan berbeda, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang Jatmiko menyampaikan, sejumlah program bagi remaja sudah dijalankan dengan melibatkan para remaja langsung. Dengan begitu menyampaikan informasi pencegahan kenakalan remaja serta mendorong kegiatan positif dapat diterima remaja lainnya dengan baik.

"Kami juga sediakan konseling bagi remaja yang ingin konseling, ini secara cuma-cuma. Jadi jika ada permasalahan bisa curhat disini,"ujar Jatmiko.

Ia melanjutkan, lewat program Bina Keluarga Remaja BKR, para remaja di Kota Tangerang diberi wawasan seks, pola pengasuhan dan lainnya. Dengan begitu diharapkan remaja di Kota Tangerang dapat diarahkan kedalam kegiatan yang positif. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Terkini 6,1 SR Terjadi di Barat Daya Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:39 WIB

Hari AIDS Sedunia, Momen Akhiri Penularan HIV

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:16 WIB

Aksi Hijau Kampung Berseri Astra Suntenjaya

Sabtu, 26 November 2022 | 16:17 WIB

BREAKING NEWS: Korban Gempar Cianjur Capai 56 Jiwa

Senin, 21 November 2022 | 19:03 WIB

Gempa di Cianjur, Porprov Banten Terkena Dampak?

Senin, 21 November 2022 | 16:40 WIB
X