• Kamis, 8 Desember 2022

Simak, Ini Manfaat Beralih ke Siaran TV Digital

- Senin, 30 Mei 2022 | 18:59 WIB
Beralih ke TV Digital (Pik)
Beralih ke TV Digital (Pik)

 

LENSABANTEN.COM - Siaran televisi analog akan dihentikan di Indonesia, masyarakat diimbau untuk beralih ke TV digital. Proses migrasi TV analog ke digital ini (Analog Switch Off/ASO) akan dihentikan secara bertahap.

Kendati program ini sudah digulirkan sejak 2021 lalu namun nyatanya belum banyak masyarakat yang memahami.

Padahal, dengan beralihnya dari siaran televisi analog ke digital maka siaran yang diterima masyarakat akan lebih jernih dari siaran sebelumnya.

Melansir dari laman siarandigital.kominfo.go.id, TV digital dapat menampilkan kualitas gambar pada resolusi High Definition (HD) hingga 4K. Bahkan tak sedikit dari TV digital yang sudah dilengkapi dengan teknologi surround-sound, salah satunya termasuk Dolby Audio. Itulah cara untuk mengetahui ciri-ciri TV digital, dan bedanya dengan TV analog.

Baca Juga: 60 Tahun Siaran Televisi Analog, Yuk Pindah Ke Digital

Pengguna TV analog tak lantas harus mengganti TV analognya menjadi TV digital. Mereka cukup membeli/memasang set top box (STB) DVB-T2 untuk menikmati siaran TV digital di Indonesia.

STB merupakan sebuah alat yang dapat mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara, sehingga dapat ditampilkan di TV analog biasa. Pengguna yang sudah menggunakan STB tidak lagi perlu mengganti TV analog yang dimiliki.

Namun, pengguna harus menggunakan antena digital sebagai penangkap sinyal digital. Selanjutnya, antena tersebut akan mengubah sinyal digital yang akan diolah TV menjadi output tampilan dan suara pada TV analog. STB sendiri sudah diperjual-belikan secara bebas dan bisa didapatkan melalui marketplace dengan harga yang bervariasi.

Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Komunikasi Publik, Rosarita Niken Widiastuti menjelaskan bahwa peralihan ini memberikan keuntungan bagi masyarakat dalam mendapatkan gambar yang jernih.

Baca Juga: Masih Panik Soal PMK Hewan? Simak Kata Dinkes Kota Tangerang

Gambar lebih bersih dan suara jernih, teknologi lebih canggih dan efisien, karena masyarakat dapat beranekaragam program tapi tidak perlu berlangganan, ini bukan tv berbayar. TV digital bukan tv internet, jadi tidak pakai kuota data,”jelasnya Senin 30 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Terkini 6,1 SR Terjadi di Barat Daya Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:39 WIB

Hari AIDS Sedunia, Momen Akhiri Penularan HIV

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:16 WIB

Aksi Hijau Kampung Berseri Astra Suntenjaya

Sabtu, 26 November 2022 | 16:17 WIB

BREAKING NEWS: Korban Gempar Cianjur Capai 56 Jiwa

Senin, 21 November 2022 | 19:03 WIB

Gempa di Cianjur, Porprov Banten Terkena Dampak?

Senin, 21 November 2022 | 16:40 WIB
X