Sayur Besan, Kuliner Tangerang yang Langka Dan Sarat Tradisi

LensaBanten – Bicara soal kuliner di Banten memang seperti tidak ada habisnya, kali ini LensaBanten akan mengupas sekelumit tentang Sayur Besan yang saat ini keberadaanya sulit untuk ditemui.

Sayur Besan sendiri merupakan kuliner khas Tangerang yang dihidangkan pada saat orang tua mempelai laki-laki datang ke rumah orang tua mempelai wanita, pada acara perkawinan (ngabesan), sehingga sayur ini dinamakan Sayur Besan.

Sayur Besan tidak hanya menawarkan rasa khas tetapi juga sarat tradisi. Sesuai namanya, mulanya tersebut disajikan saat hendak melangsungkan pernikahan (prosesi besanan). Masakan tersebut menjadi salah satu simbol adat dalam pesta perkawinan masyarakat Betawi.

Konon katanya, munculnya Sayur Besan tidak terlepas dari keberadaan kebun tebu di Batavia dan Tangerang pada pertengahan abad ke-17. Sayur Besan adalah sayur berkuah santan dengan terubuk atau trubuk. Masyarakat Tangerang kerap menyebut trubuk sebagai bunga tebu. Trubuk tergolong sayuran musiman. Musim panennya biasanya berlangsung sebelum Hari Raya Idul Adha.

Sayur Besan memiliki empat komposisi utama yaitu terubuk, petai, kentang, serta bihun/suun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis (atau kacang panjang), wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

Saat ini memang agak sulit untuk mencicipi Sayur Besan. Banyak pedagang masakan khas tersebut yang gulung tikar. Penyebabnya adalah kelangkaan trubuk yang merupakan bahan utama. Kelangkaan tersebut membuat harga telur tebu meningkat hingga mencapai puluhan ribu rupiah perikat.

Meski demikian, tidak perlu khawatir bila ingin menyantap sayur gurih dan lezat ini. Berikut resep dan cara membuat Sayur Besan khas Tangerang-Banten:

Bahan-bahan:
– 8 batang telur terubuk/bunga tebu
– 1 buah (200 g) kentang, kupas
– 100 gram buncis
– 1 papan petai
– 3 sendok makan minyak goreng
– 3 lembar daun salam
– 3 cm lengkuas, memarkan
– 2 sendok makan ebi sangrai, biarkan utuh
– 4 buah cabai merah, iris serong
– 4 buah cabai hijau, iris serong
– 1.250 ml santan dari ½ butir kelapa
– 2 batang daun bawang, iris 3 cm
– 2–3 sendok teh garam
– 2 sendok teh gula pasir
– 10 gram suun, siram air mendidih, tiriskan, potong 10 cm
– 10 butir bawang merah
– 3 siung bawang putih

Cara memasak Sayur Besan:
* Kupas kulit telur terubuk, potong ujungnya, ambil isinya, potong serong menjadi 2 bagian. Potong kentang bentuk dadu 2 cm, dan potong buncis 2 cm. Kupas petai, belah-belah.

* Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang, tumis bumbu halus, masukkan daun salam, lengkuas, dan ebi hingga berbau harum. Masukkan cabai merah dan hijau, aduk hingga layu. Tuang santan, masak hingga mendidih sambil ditimba-timba agar tidak pecah.

* Masukkan telur terubuk, kentang, buncis, dan petai. Tambahkan garam dan gula, aduk.

* Masukkan suun, aduk sebentar saja, aduk, angkat. Sajikan bersama nasi putih.

sayur besan mpok iyoh Ciputat

Tempat Makan Sayur Besan di Tangerang

Bila diamati sayur besan ini memiliki empat komposisi utama yaitu terubuk, petai, kentang, serta bihun atau suun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis (atau kacang panjang), wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa. Makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

Saat ini memang agak sulit untuk mencicipi Sayur Besan. Banyak pedagang masakan khas ini gulung tikar. Penyebabnya adalah kelangkaan trubuk (“telur” bunga tebu) yang merupakan bahan utama. Kelangkaan tersebut membuat harga telur tebu meningkat hingga mencapai puluhan ribu rupiah per ikat.

Butuh perjuangan dan kesabaran untuk bisa menemukan warung khas Betawi yang makanannya benar-benar asli, enak dan punya varian lengkap.

Meski demikian tidak perlu khawatir bila ingin menyantap sayur gurih dan lezat ini. LensaBanten memberikan 2 rekomendasi tempat jual sayur besan.

tempat makan sayur besan mpok kuni Cipete Tangerang

Sayur Besan Mpok Iyoh Ciputat

Kamu bisa datang ke Warung Mpok Iyoh. Warung Mpok Iyoh terletak di Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Di sana Sayur Besan dijual dengan harga Rp 8.000 per porsi.

Sayur Besan yang dijual Mpok Iyoh berkuah santan encer. Isinya kacang panjang, kentang, suun, daun bawang, dan terubuk atau bunga tebu. Rasanya gurih dan manis dengan jejak ebi yang sangat kuat. Kunci rasa sayur besan terletak pada ebi.

Sayur Besan Mpok Kuni Cipete

Warung Betawi Mpok Kuni adalah salah satu di antara warung Betawi yang punya makanan Betawi asli dan letaknya ada di pelosok perkampungan di Tangerang. Tepatnya di Cipete, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15142

Hanya saja, Mpok Kuni memodifikasi sayur besan yang dibuatnya. Seharusnya sayur besan punya bahan utama yang paling unik dan khas yaitu trubuk. Mungkin karena sulit didapat, terubuk dihilangkan dan diganti irisan tempe.

Sekarang kamu sudah tahu dimana tempat mencicipi kuliner khas Tangerang ini. Siapkan juga bujet yang cukup, mungkin saat berkunjung kamu juga tertarik untuk menikmati kuliner khas betawi di Tangerang tersebut. Ajak pula teman atau keluarga lebih seru! (lens/dbs)

Comment

Feed