by

Resep Membuat Nasi Uduk Betawi

LensaBanten – Sensasi gurih dan enak dapat anda rasakan ketika menyantap nasi uduk yang berasal asli dari Betawi, bahkan tambahan bahan pelengkap komplit akan menambah gizi harian keluarga anda.

Kini anda dapat dengan mudah membuatnya di rumah dan disajikan untuk menambah variasi olahan beras yang menggugah selera makan.

Nasi uduk Betawi berbeda-beda dalam penyajiannya, hal ini dikarenakan banyak sekali tempat di Betawi yang memiliki nasi uduk yang khas. Hanya saja umumnya nasi uduk Betawi menggunakan tambahan sambal kacang atau bumbu kacang. Sedangkan untuk lauk pauk pelengkapnya dapat pula disesuaikan dengan selera.Lauk pauk pelengkap nasi uduk Betawi terdiri dari telur, empal, tahu dan tempe atau lauk lainya.

Jika ingin membuat nasi uduk sendiri, tidak sulit. Bahan-bahan cukup mudah mendapatkanya di pasar terdekat.

Resep Membuat Nasi Uduk Betawi Spesial Dan Komplit

Bahan-bahan yang digunakan;

Bahan Utama

300 gram beras putih
400 ml santan kental
Bahan Bumbu Nasi Uduk Betawi
3buah bunga pala
7 biji cengkeh
2 ruas jari kayu manis
½ biji pala, lalu memarkan
1 ruas lengkuas,lalu memarkan
3 batang serai, lalu memarkan
1 ruas jari jahe, lalu memarkan

Bahan Pelengkap

Sambal goreng
Telur
Empal
Sambal kacang
Kerupuk

Cara Membuat Nasi Uduk Betawi
Langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan beras, lalu untuk membuat hasilnya teksturnya lembut, beras dapat direndam selama 30 menit, kemudian tiriskan lalu kukus hingga 30 menit, sisihkan

Lanjutkan dengan merebus santan hingga mendidih kemudian masukan kayu manis, lengkuas, bunga pala, cengkeh, sereh dan juga jahe. Masak hingga santan menjadi harum

Setelah itu, campurkan beras yang sudah anda kukus dengan santan kelapa kental tanpa menggunakan api, kemudian aduk rata dan air sudah mulai meresap

Lanjutkan dengan mengukus nasi, kurang lebih hinga 40 menit, angkat .
Sajikan ketika hangat dengan tambahan sambal kacang, aneka gorengan , lauk seperti ayam, empal, daging sapi, daging kambing, usus , tempe atau tahu.

Untuk memudahkan anda dalam membuat nasi uduk Betawi yang asli dengan cita rasa yang enak dan dengan tambahan bahan pelengkap . Salah satu diantaranya adalah nasi uduk kebon kacang. Anda dapat membuat mengikuti video tutorial di bawah ini:

Sedangkan saran penyajian untuk membuat hidangan pelengkap dapat disesuaikan dengan selera, diantaranya dapat meggunakan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah dicampur dengan cabai rawit dengan tambahan cuka kemudian dimasak ditambahkan dengan bumbu kaldu dan garam secukupnya. Didihkan hingga sambal menjadi mengental.

Berbeda dengan bumbu kacang yang dibuat dengan tambahan kacang tanah yang digoreng kemudian di haluskan bersamaan dengan bumbu gula merah, garam dan tambahan air kaldu hingga mengental. Bumbu kacang inilah yang sangat nikmat dengan goreng ayam, empal , tahu, temped an lain-lain.

Waktu Memasak
Persiapan: 30 menit
Memasak: 70 menit
Total: 100 menit

baca juga: 6 Kuliner Khas Tangerang ini Lezat, Harga Terjangkau Bikin Nagih

Anda dapat mencoba Resep Nasi Uduk ini di rumah, dengan bahan yang mudah di dapat. Jangan lupa untuk berbagi resep dengan teman di media sosial Anda. (arik)

Comment

Feed