by

6 Kuliner Khas Tangerang ini Lezat, Harga Terjangkau Bikin Nagih

LensaBanten – Kuliner khas Tangerang ini bisa kamu gunakan sebagai rekomendasi kuliner yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Tangerang. Sudah bukan rahasia lagi manakala Tangerang memiliki kuliner lezat nan nikmat. Sangat sayang sekali kalu sampai melewatkan kuliner khas daerah Tangerang ini.

Tentu banyak sekali jenis makanan khas Tangerang akan tetapi kali ini kami akan memberikan beberapa kepada kamu agar bisa mencicipinya. Harganya juga cukup terjangkau, dijamin kantong kamu tetap aman sentosa.

Yuk simak terus kuliner khas di Tangerang yang mampu menggoda untuk segera mencicipinya.

6 Kuliner Khas Tangerang

harga laksa tangerang per porsi

1. Laksa Tangerang

Laksa Tangerang ini merupakan dari bahan baku mie dengan warna putih yang mana mienya terbuat dari beras. Adapun mienya mirip dengan bihun akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar, kira-kira mirip dengan spagheti. Adapun mengenai tekstur mienya cenderung kasar serta tidak lentur seperti mie kuning pada umumnya.

Mie ini kemudian diberi tambahan kuah serta rasa yang gurih dengan tambahan santan. Nah untuk isiannya laksa dari Tangerang ini diberi siraman kuah sayur yang sudah diberi campuran berupa kacang hijau serta ketika penyajiannya diberi dengan taburan daun kucai, potongan ayam serta daging atau telur ayam.

baca juga: Begini Resep Mudah Membuat Laksa Tangerang

Kuliner Khas Tangerang nasi uduk betawi

2. Nasi Uduk

Sensasi rasa gurih dan enak dapat dirasakan ketika menyantap nasi uduk, makanan yang dimasak menggunakan santan dan bumbu-bumbuan lainya terasa komplit. Sedikit tambahan bahan pelengkap saat penyajian akan menambah gizi harian.

Nasi uduk Betawi berbeda-beda dalam penyajiannya, hal ini dikarenakan banyak sekali tempat di Betawi yang memiliki nasi uduk yang khas. Hanya saja umumnya nasi uduk Betawi menggunakan tambahan sambal kacang atau bumbu kacang. Sedangkan untuk lauk pauk pelengkapnya dapat pula disesuaikan dengan selera. Lauk pauk pelengkap nasi uduk Betawi terdiri dari telur, semur tahu/tempe, semur jengkol atau pindang bandeng.

makanan Gecom (toge oncom)

3. Gecom (Toge Oncom)

Daftar makanan dari Tangerang selanjutnya yaitu Gecom. Gecom merupakan makanan yang patut untuk dicicip juga. Gecom merupakan yang memiliki singkatan cukup unik. Gecom berasal dari singkatan toge oncom yang mana makanan ini berasal dari kedua bahan tersebut.

Makanan khas dari Tangerang ini bisa dipadukan dengan tambahan ciri khas berupa kecap yang digunakan sebagai bahan pemanis. Adapun kecap yang digunakan yaitu kecap SH.

sayur besan mpok iyoh Ciputat

 

4. Sayur Besan

Sayur Besan sendiri merupakan kuliner khas Tangerang yang dihidangkan pada saat orang tua mempelai laki-laki datang ke rumah orang tua mempelai wanita, pada acara perkawinan (ngabesan), sehingga sayur ini dinamakan Sayur Besan.

baca juga: Sayur Besan, Kuliner Tangerang yang Langka Dan Sarat Tradisi

Sayur Besan tidak hanya menawarkan rasa khas tetapi juga sarat tradisi. Sesuai namanya, mulanya tersebut disajikan saat hendak melangsungkan pernikahan (prosesi besanan). Masakan tersebut menjadi salah satu simbol adat dalam pesta perkawinan masyarakat Betawi.

kuliner asinan betawi

5. Asinan Betawi

Makanan ini rasanya gurih, segar dan pedas. Isinya terdiri dari aneka sayuran segar yang menyehatkan. Kuah sambal kacang, dan potongan kerupuk mi kuning membuatnya makin asyik disantap.

Jenis makanan ini merupakan hidangan khas Betawi yang masih dicintai banyak orang, dibuat dengan cara pengacaran atau proses melalui penambahan garam atau asam cuka (cuka aren). Biasanya bahan yang dipakai, macam – macam buah atau sayur segar.

Asinan Betawi merupakan asinan sayuran khas Betawi. Kuahnya berupa campuran kacang tanah yang dihaluskan, gula dan cabai merah halus serta cuka aren.

Racikan pada asinan ini merupakan kulturasi budaya lokal Betawi dengan Cina. Isinya sangat komplet ada timun, kol, wortel, sawi asin, tauge, lobak, timun, lokio, dan potongan tahu segar. Diberi kuah kacang plus sedikit kucuran gula merah. Sebagai pelengkap kerupuk mi kuning plus kacang goreng yang menggoda selera.

Istilah asin berasal dari proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, namun bedanya bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar.

Untuk menyantap, sayuran ini harus diaduk rata demikian juga remasan kerupuknya. Setelah itu barulah bisa dinikmati. Sayuran yang segar plus kerupuk yang sudah mulai layu terendam kuah membuat santapan ini makin enak dan makin menggiurkan.

pindang bandeng kecap

6. Pindang Bandeng

Pindang bandeng ini merupakan jenis masakan tradisional dengan kuah. Rasa ikan pada bandeng ini sangat nikmat sehingga menjadikan cita rasa dari ikan bandeng satu ini cukup lezat. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat pindang bandeng diantaranya bawang putih, bawang merah, jahe , kunyit, daun salam serta beberapa jenis bumbu lainnya.

Demi menciptakan rasa yang enak maka bisa juga diberi tambahan kecap manis serta tambahan asam Jawa atau belimbing sayur untuk menghasilkan rasa asam. Untuk rasanya dijamin bakalan membuat kamu ketagihan.

Itulah 7 Kuliner khas Tangerang yang bisa kamu jadikan sebagai referensi kuliner, saat sedang berkunjung ke Tangerang. Sudah siap mencicipi? (arik)

Comment

Feed