Nguliner di Cilegon Banten?, Periksa Dulu Daftar Makanan Khasnya di Bawah Ini

Cilegon, LensaBanten – Seperti yang kita tahu, Cilegon adalah sebuah kota yang ada di Provinsi Banten. Kota ini terdapat di ujung barat laut pulau Jawa dan dikenal sebagai kota industri. Sebagai bagian dari negara Indonesia, sudah pasti kota yang juga dijuluki sebagai Kota Baja ini memiliki beberapa tempat wisata yang layak untuk diacungi jempol.

Nah, bukan hanya wisatanya aja yang menarik, aneka kulinernya pun tentunya juga sayang untuk dilewatkan. Mau tahu apa saja kuliner khas Cilegon Banten?

a. Kerupuk Dapros
Apakah Anda sudah pernah mendengar namanya? Ya, selain ada kerupuk terasi, kerupuk rambak dan kerupuk udang, Anda juga harus tahu bahwa ada juga yang namanya kerupuk dapros. Meskipun kerupuk dapros ini adalah makanan khas Kota Cilegon, tetapi kerupuk dapros ini berhasil meraih popularitas di daerah Serang dan daerah lain di Provinsi Banten juga loh.

Kerupuk dapros ini identik dengan bentuknya yang menyerupai bunga yang tengah mekar. Sedangkan bahan dasar utama yang digunakan saat pembuatannya adalah tepung terigu.

b. Ketan Bintul
Ketan Bintul lebih dikenal sebagai makanan khas Kota Serang. Namun, sebenarnya makanan yang satu ini juga menjadi makanan khas Kota Cilegon mengingat dahulunya daerah Cilegon juga bagian dari wilayah Serang. Kue ini sama seperti kue ketan yang lainnya hanya saja kue ketan bintul disajikan dengan topping berupa serundeng, bukan parutan kelapa biasa.

makan sate bebek cibeber kuliner khas cilegon

c. Sate Bebek Cibeber
Karena namanya adalah sate bebek cibeber, otomatis daging yang digunakan adalah daging bebek yang terkenal dengan baunya yang amis. Tetapi saat Anda menyantap sate bebek cibeber ini, Anda tidak perlu khawatir dengan bau amis tersebut karena makanan khas satu ini diolah dengan cara yang sedemikian rupa sehingga bau amisnya hilang. Selain itu, ada bumbu yang menjadi pelengkap rasa makanan khas satu ini.

d. Ayam Bekakak Kranggot
Nah, kalau ayam bekakak kranggot ini memiliki bentuk dan rupa yang sama dengan ayam bakar pada umumnya. Hanya saja ayam bekakak kranggot dibumbui dengan menggunakan aneka bumbu khas Banten sehingga memunculkan rasa yang khas berupa agak manis dan agak pedas. Selain itu, ayam yang biasa digunakan adalah ayam kampu, dan bukannya ayam potong.

e. Sate Bandeng
Sate bandeng ini merupakan makanan khas dari Kota Cilegon loh. Sate ini dibuat dengan cara menumbuk daging ikan bandeng yang telah dibuang durinya terlebih dahulu, lalu daging tersebut dicampur dengan aneka bumbu-bumbu seperti garam, gula merah, jinten, ketumbar, bawang putih, bawang merah serta parutan kelapa yang masih belum terlalu tua. Biasanya sate bandeng ini akan disajikan bersama dengan bumbu kacang.

f. Rabeg Kambing
Masih ada satu lagi makanan khas dari Kota Cilegon, yakni rabeg kambing. Jika diperhatikan sekilas, rabeg kambing ini mirip dengan semur yang bahan baku utamanya adalah daging kambing yang dicampur dengan jeroannya. Rabeg kambing dimasak dengan aneka bumbu dan rempah-rempah dan biasa disajikan bersama dengan nasi uduk.

Sekedar infomasi, rabeg kambing bisa dibilang sebagai makanan yang sangat sakral loh, karena makanan ini adalah makanan kesukaan Sultan Hasanuddin dan pada zaman dahulu hanya disajikan saat ada acara tertentu saja.

Nah, itu dia beberapa makanan khas dari Kota Cilegon Banten. Pastikan tak melewatkan deretan kuliner diatas saat berkunjung ke sana.

Comment

Feed