Es Sekemu, Minuman Segar Khas Banten Yang Langka Keberadaannya

LensaBanten – Es Sekemu merupakan minuman khas Banten, namun saat ini belum banyak yang mengetahui dan mendengarnya. Bahkan namanya saja masih terdengar asing dan membuat bertanya-tanya tentang bentuk dan rasanya.

Minuman unik ini hanya bisa dijumpai di Provinsi Banten. Minuman ini sangat segar jika dikonsumsi ketika siang hari saat matahari terik, tentunya sangat berbeda dari minuman di daerah-daerah lain.

Es Sekemu memiliki topping buah Kelapa dan buah Sawo, namun sangat disayangkan minuman penghilang dahaga khas Banten itu jarang dijual. Kalau pun ada hanya segelintir pedagang yang menjualnya.

Bahan untuk minuman ini pun sangat mudah ditemui di daerah Banten. Misal, buah kelapa yang banyak dijumpai di Pesisir Banten, sedangkan buah Sawo dapat dijumpai di daerah yang lebih tinggi, misalnya Pandeglang dan Lebak (Rangkasbitung).

Karena Es sekemu ini sulit dijumpai. Alangkah baiknya jika membuat sendiri. Untuk itu, daripada penasaran dengan rasa dan cara membuatnya. Berikut langkah-langkah membuat Es sekemu khas Banten.

Bahan Es Sekemu khas Banten:
– 1 buah Kelapa muda yang sudah dikerik
– 3 atau 5 buah Sawo yang sudah dipotong-potong
– 1 atau 2 sendok biji selasih
– 350 ml air Kelapa
– Es batu secukupnya

Bahan untuk membuat sirup:
– 150 gram gula pasir
– 150 ml air putih
– 2 atau 3 lembar daun pandan
– 2 atau 3 tetes pewarna makanan

Berikut cara pembuatan Es Sekemu khas Banten:

Pertama, tentunya kita buat sirupnya terlebih dahulu, masukan bahan-bahan pembuat sirup seperti gula pasir, air putih, daun pandan dan pewarna hijau tua kedalam wajan. Masak dengan api kecil, kemudian angkat lalu dinginkan.

Setelah itu, masukan sirup yang sudah buat tadi kedalam mangkok. Masukan juga buah-buahannya seperti buah kelapa dan juga buah sawo. Jangan lupa masukan juga biji selasihnya.

Terakhir, tuangkan air kelapa yang segar dan es yang dingin kedalam mangkok tersebut. Dan jadilah Es Sekemu Spesial khas Banten.

Itulah sekilas mengenai es sekemu khas Banten salahsatu kuliner di Banten. LensaBanten berharap, informasi ini bisa memberikan manfaat serta dapat menambah pengetahuan seputar banten yang belum diketahui. Khususnya seperti yang telah dijelaskan diatas. (lenba/dbs)

Feed