Cara Membuat Es Sekemu, Minuman Khas Banten yang Segar Nikmat

LensaBanten – Pastinya saat kita membicarakan makanan khas dari suatu daerah, kita juga harus menyertakan minuman khas daerah tersebut ke dalam pembicaraan. Mengapa? Karena pada dasarnya, makanan dan minuman ini saling melengkapi, dan seringkali minuman dijadikan penutup dari acara atau prosesi makan yang dilakukan.

Nah, bicara mengenai minuman khas, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas minuman es sekemu. Es sekemu ini adalah minuman khas Banten yang bahan utamanya terdiri dari buah kelapa muda dan buah sawo yang pastinya sangat cocok untuk dinikmati saat siang hari. Tetapi, jika rumah Anda jauh dari Banten, Anda tidak mungkin dong pergi ke sana hanya untuk membeli seporsi es sekemu.

Maka dari itu kali ini kami akan membagikan resep dan cara membuat es sekemu, supaya Anda yang bertempat tinggal jauh dari Banten pun bisa merasakan istimewanya minuman khas daerah yang ada di ujung barat Pulau Jawa ini. Langsung aja ya, berikut adalah resep dan cara pembuatan es sekemu yang dijamin bikin nikmat dan bikin nagih.

a. Bahan untuk Membuat Es Sekemu

Ada beberapa bahan utama minuman es sekemu yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu, antara lain:

1. Es batu secukupnya
2. Air kelapa kira-kira sebanyak 350 ml
3. Biji selasih kira-kira sebanyak 1 hingga 2 sendok makan
4. Buah sawo yang sudah matang sebanyak 5 buah, potong sesuai selera
5. Kelapa muda sebanyak 1 buah saja, keruk agak lebar

b. Bahan untuk Membuat Sirup Es Sekemu

Sedangkan bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat sirup es sekemu ini antara lain:

1. Pewarna hijau tua kira-kira sebanyak 2 tetes hingga 3 tetes
2. Daun pandan sebanyak 2 lembar saja
3. Air putih sebanyak 150 ml
4. Gula pasir kira-kira sebanya 150 gram

c. Cara Membuat Es Sekemu

Nah, setelah berbagai bahan yang kami sebutkan di atas sudah Anda siapkan di dapur Anda, kini saatnya Anda memulai pembuatan minuman khas Banten yang menyegarkan ini dengan langkah-langkah adalah sebagai berikut:

1. Proses Pembuatan Sirup
Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan, yakni membuat sirup. Adapun caranya masukkan semua bahan untuk membuat sirup yang meliputi pewarna hijau tua, daun pandan, gula pasir serta air putih ke dalam wajan. Masak sirup ini dengan menggunakan api yang kecil, jika semua bahan sudah tercampur merata dan agak mengental, silahkan Anda matikan api lalu dinginkan sirup.

2. Menata Bahan-Bahan Es Sekemu
Nah, setelah sirup untuk es sekemu yang Anda buat tadi siap, selanjutnya adalah masukkan sirup tersebut ke dalam mangkok, lalu masukkan buah kelapa yang telah diserut ke atasnya berikut dengan buah sawo yang telah dopotong sesuai dengan selera.
Masukkan pula es batu secukupnya serta biji selasih yang sudah Anda siapkan tadi, dan langkah terakhirnya adalah guyur dengan menggunakan air kelapa. Nah, es sekemu sudah siap untuk Anda nikmati.

Nah, itulah resep dan cara untuk membuat es sekemu, minuman khas Banten ini. Mengenai takaran tiap bahannya, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera serta jumlah orang yang hendak menikmatinya. Jadi, Anda tidak perlu terlalu terpaku dengan takaran yang ada di atas, namun jangan mengeliminasi salah satu bahannya ya. Selamat mencoba bunda.

Comment

Feed