Bontot Ikan Payus, Kuliner Khas Banten Mirip Pempek

LensaBanten – Bontot Ikan Payus, sebutannya semacam panggilan untuk anak terakhir. Namun, ini adalah salah satu kuliner khas Serang, Banten. Cemilan lezat dan gurih ini terbuat dari olahan daging ikan payus.

Jenis kuliner ini bisa dinikmati sebagai sajian makanan ataupun dibawa pulang untuk oleh-oleh. Bentuknya mirip pempek, karenanya seringkali disebut pempek bontot ikan payus ala Banten.

Masyarakat pesisir Banten tepatnya Domas, Kecamatan Pontang sejak dahulu selalu mengolah makanan dari bahan dasar hasil melaut seperti ikan. Kebanyakan warga Banten mengolah ikan payus untuk dijadikan berbagai jenis makanan. Bentuk dari ikan payus ini serupa dengan ikan bandeng.

Awalnya, ikan payus diolah menjadi bontot dengan bahan dasar tepung kanji. Bentuknya dan rasanya mirip dengan pempek lenjer khas Palembang. Sebagian orang juga menilai bentuknya mirip dengan otak-otak. Sehingga banyak yang menyebutnya bontot adalah pempek khas Banten.

Disajikan kecil-kecil seolah memberi arti bontot alias anak terkecil atau akhir. Cemilan ini banyak ditemukan di sepanjang Jalan Serang, Banten. Harga yang ditawarkan pun murah mulai dari Rp 15-25 ribu per gram nya.

Tidak perlu khawatir, tak usah jauh-jauh pergi ke Serang untuk menikmati camilan khas Banten ini. Saat ini bontot ikan payus bisa dipesan secara online, karena ada sejumlah orang yang menjualnya di online melaui instagram, facebook atau jika ingin lebih aman bisa belanja melalui e-commerce seperti shope atau Tokopedia.

Bagi Anda yang hobi memasak juga bisa membuatnya sendiri. Yuk intip cara pembuatannya!

bontot ikan payus Khas Banten

Resep Membuat Bontot Ikan Payus.

Bahan-bahan :

Tepung tapioca
Daging ikan payus
Bawang merah
Bawang putih
Merica
Garam
Gula pasir
Air panas
Tepung terigu

Cara membuat :

# Campurkan tepung tapioca dan tepung terigu dalam wadah. Lalu, aduk rata.
Haluskan bawang merah bawang putih.

# Masukan ikan payus, garam, merica, gula, kemudian aduk

# Tuangkan air panas, lalu aduk hingga rata
# Bentuk menjadi lonjor, kemudian, bungkus dengan plastic bening
# Kukus selama 15 menit hingga 20 menit atau sampai matang
# Setelah matang lalu angkat dan lalu tiriskan.
# Setelah selesai di kukus matang, bisa langsung menggorengnya atau langsung menyantapnya.

baca juga: Rabeg Banten Kuliner Enak Favorit Sulthan

Bontot ikan payus disajikan setelah digoreng dan dipotong-potong, paling enak jika ditambah sambal kacang atau sambal cuka khas pempek, tertarik mencobanya? (paps)

Comment

Feed