• Minggu, 5 Februari 2023

KTT G20 Indonesia: Rincian Jadwal Agenda Lengkap Pemimpin Dunia

- Selasa, 15 November 2022 | 09:23 WIB
Presiden Jokowi Gelar Pertemuan dengan Sejumlah Pemimpin Dunia di Bali, Jelang Pelaksanaan KTT G20  (Kabarku.net/dok.setkab.go.id)
Presiden Jokowi Gelar Pertemuan dengan Sejumlah Pemimpin Dunia di Bali, Jelang Pelaksanaan KTT G20 (Kabarku.net/dok.setkab.go.id)

 

 

 



LENSABANTEN.COM, BALI - Pada Selasa 15 November konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 dilaksanakn hingga 16 November 2022, di Bali. KTT G20 yang mengusung tema Recover Together, Recover Stronger atau dapat diartikan pulih bersama, pulih dengan lebih kuat.

Sejumlah pimpinan negara telah hadir sejak Minggu 13 November 2022 lalu. Kali ini KTT G20 akan membahas tiga isu global sekaligus, mulai dari  arsitektur kesehatan global, transformasi digital ekonomi, dan energi berkelanjutan.

Lantas, bagaimana susunan acara perhelatan KTT G20 di Bali tersebut? Berikut rinciannya, sebagaimana yang telah dikutip oleh Lensabanten.com dari Pikiran-Rakyat.com.

Baca Juga: Imigrasi Berikan Fasilitas Khusus 2.105 Jurnalis Asing Meliput KTT G20

1. 15 November 2022

Acara di mulai pada pagi hari di Apurva Kempinski dengan agenda working session I bertema Food and Energy Security (ketahanan pangan dan energi) dilanjutkan dengan pertunjukan Metaverse IKN, istirahat, dan makan siang.

Kemudian, agenda tersebut berlanjut dengan working session II bertema Global Health Architecture (arsitektur kesehatan global).

Acara dilanjutkan pada malam hari di Garuda Wisnu Kencana dengan agenda makan malam atau welcoming dinner dan pertunjukkan.

Baca Juga: Wali Kota Tangerang Bicara Smart City di Rangkaian Acara G20

2. 16 November 2022

Acara pada hari kedua dimulai dengan side event yaitu kegiatan penanaman bakau di Tahura Mangrove.

Pada siang hingga sore harinya, akan digelar kembali working session bertema Digital Transformation (transformasi digital), lalu dilanjutkan dengan rapat bilateral.

Kemudian, akan pula diadakan serah-terima Presidensi G20 dari RI ke India. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo juga akan melakukan press briefing dalam perhelatan KTT G20 tersebut.

Diketahui, perhelatan KTT G20 tersebut akan dihadiri secara langsung oleh 17 kepala negara atau kepala pemerintahan.

Beberapa di antaranya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, PM Inggris Rishi Sunak dan PM Italia Giorgia Meloni.

Baca Juga: Dukung G20, Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Bebaskan Visa Delegasi G20 dan Jurnalis

Kemudian, ada pula Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS), Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Presiden Argentina Alberto Fernandez dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Selanjutnya, ada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, PM Australia Anthony Albanese, PM India Narendra Modi, PM Jepang Fumio Kishida dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Sementara itu, terdapat tiga kepala negara lain yang tidak dapat hadir secara langsung dalam perhelatan KTT G20 di Bali dengan sejumlah alasan.

Ketiga kepala negara tersebut berasal dari Rusia, Brazil dan Meksiko. Adapun, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa hadir lantaran memiliki persoalan di dalam negeri yang harus diselesaikan. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Seoul - Bali

Senin, 5 Desember 2022 | 20:32 WIB

Aaron Carter Meninggal Dunia di Rumahnya

Minggu, 6 November 2022 | 08:17 WIB

Simak, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Putin

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:46 WIB
X