Bupati Zaki Ajak Delegasi PEMSEA Makan Produk Mangrove Hingga Lepas Kepiting Langka

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:12 WIB
upati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selaku tuan rumah PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022 mendampingi para delegasi mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk pada Jumat 28 Oktober 2022. (Ist)
upati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selaku tuan rumah PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022 mendampingi para delegasi mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk pada Jumat 28 Oktober 2022. (Ist)



LENSABANTEN.COM, TANGERANG - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selaku tuan rumah PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022 mendampingi para delegasi mengunjungi Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk pada Jumat 28 Oktober 2022.

“Selamat datang di Ketapang Urban Aquaculture. Kita mulai menanam mangrove sejak 2014, pada 2018-2019 kita bangun infrastruktur. Nelayan sekarang bisa keluar dari sungai,” ungkap dia di lokasi.

Ia memaparkan bahwa di lokasi tersebut telah ditanam 16 jenis tanaman mangrove berjumlah sekitar 720.000 batang. Produk olahan mangrove juga ditonjolkan dalam kesempatan ini. “Ini adalah produk mangrove, ada puding, sirup, jus dan udang rebus,” terangnya.

Baca Juga: Program Adaptasi Perubahan Iklim Kota Tangerang Diganjar Penghargaan dari KLKH


Bersama para pimpinan delegasi seperti Aimee Gonzales (Filipina), Im Panharith (Kamboja), Se Cheong Oh (Korea Selatan), Salvador SR Ribeiro (Timor Leste), Haslima binti Amer (Malaysia) hingga Kazuo Nadaoka (Jepang), Bupati Zaki melakukan penanaman mangrove.

Para delegasi pun berkesempatan untuk memanen udang dan melepaskan kepiting belangkas. Pada kesempatan itu, ia berharap pelepasan kepiting langka ini dapat meningkatkan ekosistem mangrove di Kabupaten Tangerang.

“Ini salah satu kepiting yang dilindungi di Indonesia. Sudah ada di kawasan hutan mangrove karena perbaikan kualitas air. Kita akan lepas dengan harapan dapat meningkatkan ekosistem mangrove kita,” katanya.

Baca Juga: Menteri LHK dan Bupati Zaki Buka PEMSEA Expo 2022

Warga Tangerang Bangga Kedatangan Tamu dari Beberapa Negara

Para delagasi PEMSEA Network of Local Governments (PLNG) hari ini menuju Desa Ketapang guna mengetahui pengembangan wilayah tersebut.

Dalam perjalanan, para delagasi disambut warga Kabupaten Tangerang yang bersorak sorai, dengan mengibarkan bendera di sisi jalan. Dengan berbagai atribut, dari yang kecil hingga dewasa, mereka nampak sangat antusias dengan gelaran tahun ini.

“Kita bangga sebagai warga Tangerang dengan kedatangan para tamu dari beberapa negara,” kata Sarah (26 tahun), warga Tangerang saat ditemui di Kecamatan Mauk.

Baca Juga: Peran Nyata Kampus Umar Usman Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Nasional

Adapun Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah pelaksanaan event internasional PNLG Forum 2022 pada 25-28 Oktober 2022.

Sebagai proyek percontohan pengeloaan pesisir, Desa Ketapang telah berubah drastis. Desa Nelayan yang dulunya kumuh ini tersentuh program Gerbang Mapan atau Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai yang dimulai sejak tahun 2015.

Selain itu, lewat program unggulan Gerakan Membangun Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan), penataan kawasan pantai Kabupaten Tangerang sepanjang 51,2 kilometer membuahkan hasil. Program ini mencakup 5 desa pesisir di 5 Kecamatan.

Gerbang Mapan bertujuan untuk mempercepat penyediaan infrastruktur dasar, pengembangan perekonomian masyarakat, dan memberdayakan masyarakat di wilayah pesisir di wilayah Utara Kabupaten Tangerang.***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Seoul - Bali

Senin, 5 Desember 2022 | 20:32 WIB

Aaron Carter Meninggal Dunia di Rumahnya

Minggu, 6 November 2022 | 08:17 WIB

Simak, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Putin

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:46 WIB
X