• Kamis, 8 Desember 2022

Simak, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Putin

- Jumat, 1 Juli 2022 | 15:46 WIB
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow.  (Biro Pers  Sekretariat Presiden )
Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow. (Biro Pers Sekretariat Presiden )

 



LENSABANTEN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi bertemu dengan presiden Rusia, Vladimir Putin. Kunjungan tersebut dilakukan setelah sebelumnya bertemu juga dengan PResiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Jokowi yang datang ke Rusia bersama Ibu Iriana tiba di Istana Kremlin, Mowkow, Rusia pada Kamis 30 Juni 2022, sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Dalam lawatannya ke dua negera ini, Jokowi betul-betul menegaskan tidak ada kepentingan lainnya kecuali membangun perdamaian.

Baca Juga: Gelombang Panas Melanda Tokyo, Pemerintah Minta Warga Konsumsi Energi Dikurangi

Dalam pertemuannya dengan Vladimir Putin, Presiden Jokowi pun membahas beberapa hal, terlebih soal konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sebagai perwakilan dari Indonesia siap menjembatani komunikasi dan menyediakan ruang obrolan bagi Rusia dan Ukraina.

Hal tersebut dilakukan Presiden Jokowi untuk menciptakan perdamaian antar kedua negara tersebut. Selain itu, Presiden Jokowi juga membicarakan soal pasokan pangan dan pupuk yang terganggu.

Baca Juga: Garuda Indonesia Perdana Terbangkan 1.506 Jemaah Haji ke Madinah


Terganggunya pasokan pangan dan pupuk imbas dari invasi Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022 lalu.

Ia mengatakan, jika pasokan pangan dan pupuk dibiarkan secara terus menerus, akan berdampak buruk bagi seluruh masyarakat dunia.

Terlebih, bagi mereka yang tinggal di negara berkembang. Bertandang ke Ukraina dan Rusia, Jokowi menyatakan dukungan kepada PBB untuk reintegrasi komoditas pangan dan pupuk dalam rantai pasok dunia.

Baca Juga: Rusia Kembali Mendapat Dukungan dari Kim Jong-un



"Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut,” ujar Presiden Jokowi, seperti yang dikutip oleh Lensabanten.com  dari Pikiran-Rakyat.com, Kamis, 30 Juni, 2022.

Presiden Jokowi pun menyampaikan bahwa permintaan tersebut direspons baik oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Vladimir Putin mengungkapkan bahwa dirinya akan memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

Baca Juga: ISWAMI Berperan dalam Kokohkan Hubungan Indonesia-Malaysia



Dalam kesempatan yang sama Jokowi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi keputusan Vladimir putin untuk menjamin keamanan pasokan pangan dan pupuk.

"ini sebuah berita yang baik.” tutur Presiden Jokowi, Kamis, 30 Juni, 2022.

Tak hanya itu, dalam keterangan persnya, Presiden Jokowi juga menyerukan kepada seluruh pemimpin dunia lainnya untuk bekerjasama menegakkan perdamaian.

“Saya ajak seluruh pemimpin dunia untuk bersama kembali menghidupkan semangat multilateralisme, semangat damai dan semangat kerja sama. Karena hanya dengan spirit ini perdamaian dapat dicapai,” ucap Presiden Jokowi, Kamis, 30 Juni, 2022. ***




Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Sumber: Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Seoul - Bali

Senin, 5 Desember 2022 | 20:32 WIB

Aaron Carter Meninggal Dunia di Rumahnya

Minggu, 6 November 2022 | 08:17 WIB

Simak, Ini Hasil Pertemuan Jokowi dengan Putin

Jumat, 1 Juli 2022 | 15:46 WIB
X