Waktu PPDB Online Banten 2018 Diperpanjang

LensaBanten – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten yang juga Ketua Panitia PPDB, Joko Waluyo menjelaskan bahwa pihaknya akan memperpanjang waktu PPDB tahun 2018. Awalnya PPDB Online Banten akan ditutup pada hari ini Rabu (27/6). Namun, akhirnya waktu penerimaan diperpanjang selama tiga hari hingga Sabtu (30/6).

Penambahan waktu ini menurut Joko lantaran pihaknya banyak menerima permohonan dari orangtua calon siswa baru agar dapat memperpanjang masa PPDB SMA/SMK. Para orangtua calon siswa beralasan bahwa waktu PPDB 2018 ini banyak yang melalui hari libur.

“Contohnya hari ini, meskipun dinyatakan hari libur tetapi banyak masyarakat yang daerahnya sedang menyelenggarakan Pilkada harus datang ke TPS,” tuturnya.

Joko menambahkan, untuk mendapatkan persetujuan terkait perpanjangan masa PPDB online Banten, pihaknya sudah melayangkan nota dinas kepada Gubernur Banten yang akhirnya disetujui oleh Gubernur Wahidin Halim. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Bantenn yang akrab disapa WH berpesan kepada Panitia agar penambahan waktu tersebut harus ditunjang dengan peningkatan pelayanan.

“Jangan lagi ada kendala aplikasi, jaringan atau hal teknis lainnya. Gubernur selalu menegaskan jika kesempatan untuk mendapatkan sekolah pilihan merupakan hak masyarakat tingkat apapun. Baik yang miskin maupun yang kaya punya kesempatan sama selama nilai akademisnya bagus,” ujar Joko.

Salahsatu pertimbangan panitia adalah tingginya animo masyarakat terhadap PPDB online Banten tahun ini. Tidak hanya itu calon peserta didik baru juga banyak yang akan pindah sekolah lantaran tidak memenuhi syarat untuk masuk dalam passing grade untuk sekolah tujuan pertama.

“Dengan penambahan waktu ini, setidaknya para calon siswa ataupun orang tuanya dapat mendiskusikan dahulu sebelum memilih alternatif sekolah tujuan kedua,” kata Joko mengakhiri. (ag/dbs)

Comment

Feed