Tingkatkan Populasi Ternak Sapi Pemkab Tangerang Gelar Kontes Sapi

LensaBanten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan kontes sapi hasil inseminasi atau kawin silang buatan di Lapangan Jalupang, Desa Cileles, Kecamatan Tigaraksa, Kamis (26/9/2019) kemarin.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan menuturkan, kontes sapi hasil kawin silang buatan itu merupakan program tahunan pemerintah daerah Kabupaten Tangerang dalam rangka memasyarakatkan populasi ternak sapi kepada masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut terdapat sebanyak 60 ekor sapi yang dikonteskan. Semuanya merupakan hasil peternakan di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kebutuhan akan produk hewani terus meningkat, mau tidak mau populasi ternak sapi harus ditingkatkan,” ungkapnya kepada wartawan.

Lebih jauh Azis mengatakan, dalam kontes itu, ada beberapa kriteria yang dinilai, mulai dari umur sapi, jenis ras, tingkat kesehatan, hingga perlakuan pakan yang diberikan oleh peternak kepada indukan-indukan sapi hasil inseminasi buatan tersebut.

“Ini juga sebagai upaya untuk dapat mendorong peningkatan populasi ternak sapi dan penghargaan kepada insan peternakan,” ucapnya.

baca juga: Warga Tangerang Kini Bisa Bayar Pajak PBB di Bukalapak dan Tokopedia

Azis berharap, melalui kegiatan tersebut nantinya upaya pembangunan peternakan di wilayah Kabupaten Tangerang, baik perorangan maupun kelompok dan usaha kecil dapat ditingkatkan. Mengingat di Kabupaten Tangerang kata dia, merupakan surplus daging sapi terbesar di wilayah Banten.

“Kabupaten Tangerang ini merupakan daerah yang populasi ternaknya terbesar di Banten. Dan di beberapa kecamatan, seperti Tigaraksa, Jambe, Panongan, juga sudah di kenal sebagai kantong-kantong ternak sapi terbesar,” pungkasnya. (lens)

Comment

Feed