Jurus Silat Kaserangan Gerakan Silat Baru dari Tanah Jawara Banten

Serang, LensaBanten — Jurus silat Kaserangan jadi jurus baru di dunia persilatan dari tanah Banten yang dikenal sebagai Bumi Jawara. Jurus silat ini merupakan perpaduan antara gerak tubuh dengan budaya debus  Banten yang identik dengan ilmu kekebalan tubuh.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, saat ditemui di Pantai Florida, Anyer, Kabupaten Serang, Minggu (20/08) mengatakan, “Jurus silat ksdrtsngsn ini diciptakan oleh para senior pendekar yang duduk bersama dan terciptalah jurus Gerak Kaserangan. Menilik dari geraknya, jurus Gerak Kaserangan ini kental dengan nuansa ke-Banten-an. Bahkan, selain gerak penuh kekuatan, para pesilat diwajibkan menampilkan debus, di akhir jurus,” kata Tatu.

Jurus Silat Kaserangan di dunia Jawara Banten diluncurkan dalam acara Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) 2017 yang berlangsung sejak Jumat 18 Agustus 2017 pekan lalu terbilang masih baru.

“Gerak baru ini diharapkan dapat menyatukan seluruh peguron yang ada di Banten dan mulai tahun depan akan diperlombakan. Melalui jurus bersama yang berciri khas diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan para pesilat Banten,” tutur Tatu menjelaskan.

Saat diperkenalkan jurus baru ini berhasil memecahkan rekor MURI dengan pesilat terbanyak. Diperagakan oleh ratusan jawara dari 40 perguruan (peguron) yang ada di Banten, Ratu Tatu turut serta memainkan jurus tersebut. Ia tak mau ketinggalan mengenakkan seragam serba hitam khas Jawara. (ag)

Comment

Feed