Gali Potensi Pemuda, Kemenpora RI Gelar Event Pemuda Inspiratif 2018

LensaBanten – Guna mencari pemuda Inspiratif yang memiliki prestasi, Kementerian  Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI akan menggelar event Pemuda Inspiratif 2018 di Kota Tangerang.

Event yang kabarnya akan berlangsung tanggal 3 sampai dengan 4 November 2018 di Tangcity Mall itu, merupakan bentuk janji Pemerintah Imdonesia. Dimana seperti di dalam Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Djunaidi, Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kreatifitas Pemuda pada Kemenpora RI mengatakan, event tersebut digelar di delapan Provinsi dan 16 kota di Indonesia, salah satunya Kota Tangerang.

Kegiatan ini mengumpulkan para pemuda berprestasi dan kreatif dibeberapa kota di Indonesia,” terang Djunaidi, Selasa (2/11/2018).

Dengan ide dan prestasinya, Djunaidi menjelaskan, pemuda dapat membuat inspirasi bagi masyarakat. Itu juga untuk memacu kreatifitas masyarakat atau pemuda yang punya potensi untuk berkembang.

“Untuk kegiatan utama ini, tim juri akan memilih dua peserta terbaik, yakni satu orang putra dan satu orang putri untuk setiap kota. Nantinya kedua peserta terbaik ini akan dikirim ke Banten untuk bersaing di tingkat nasional,” tegasnya.

Djunaidi menambahkan, ada sembilan kategori yang akan dilombakan oleh para peserta. Yaitu pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan, dan pertanian.

“Peserta bebas memberikan ide, konsep, gagasan, atau bahkan produk yang berkaitan dengan salah satu kategori tersebut,” imbuhnya.

Lebih dalam ia mengatakan, nantinya penampilan peserta akan dinilai oleh juri. Yang terbaik di setiap kota akan dikirim mengikuti penyisihan nasional untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan.

Selain itu, kegiatan ini hadir ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkanpersatuan pemuda terhadap kebhinekaan, menjadikan kreativitas sebagai tembok pemerkokoh persatuan dan kemajuan bangsa, memberikan dampak berupa semangat patriotisme terhadap NKRI.

“Dengan berdasar Undang-undang No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, kegiatan itu akan ditujukan kepada warga negara Indonesia dengan rentan usia 16-30 tahun. Kegiatan Pemuda Inspiratif 2018 akan dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terupakan,” paparnya.

Selain kegiatan utama, lanjut Djunaidi, tim panitia Pemuda Inspiratif juga akan menggelar kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba LKBB, kompetisi band dan kompetisi dance.

“Potensi besar dari Pemuda Inspiratif harus tergali dengan maksimal. Maka itu kami mengajak anda pemuda indonesia untuk bergabung di ajang pemuda inpiratif di 8 provinsi. Ayo, tunjukkan talentamu,” tandasnya. (aputra)

Feed