• Minggu, 5 Februari 2023

Hari Chef Nasional, Presiden ICA Ungkap Tantangan Chef Indonesia

- Rabu, 25 Januari 2023 | 16:10 WIB
 Presiden Indonesia Chef Association (ICA) Susanto Santos
Presiden Indonesia Chef Association (ICA) Susanto Santos

 


LENSABANTEN.COM, KOTA TANGERANG - Indonesia Chef Association (ICA) menyelenggarakan peringatan hari jadi ke 16 di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Kegiatan ini juga dalam rangka peringatan hari chef nasional yang jatuh setiap  25 Januari.

Dalam peringatan di selenggarakan sejumlah rangkaian acara seperti pameran foto kegiatan, memasak 1.600 tusuk sate, pameran buku dan lainnya.

Presiden Indonesia Chef Association (ICA) Susanto Santos menjelaskan bahwasannya tantangan Chef di Indonesia saat ini ialah branding sehingga chef di Indonesia tidak kalah dengan yang ada di luar negeri.

Baca Juga: UMN Buatkan Aplikasi Sasar untuk Permudah Transaksi Pedagang di Pasar

Hal ini ia sampaikan karena sesungguhnya kepintaran dan kepiawaian dalam memasak para chef Indonesia tidak kalah dengan para chef dari luar negeri.

"Pertama adalah persaingan global, Indonesia banyak chef yang jago tetapi masih kalah dibandingkan dengan chef eropa, tetapi dari sisi ilmu mereka tidak kalah. Hanya saja perlu strategi marketing,"ujarnya.

Susanto menambahkan, melalui ICA pihaknya akan berupaya untuk mem-branding para chef Indonesia sehingga dapat mendunia.

Baca Juga: Wisuda XXIII UMN: Ajak Wisudawan Melihat Potensi dan Peluang Energi Terbarukan di Indonesia

Disinggung soal banyaknya menu luar Indonesia yang masuk ke Indonesia saat ini, Susanto berharap agar ada peran orang tua yang memberikan wawasan kepada anaknya bahwa masakan khas Indonesia juga tidak kalah dari masakan luar negeri.

Kegiatan memasak sate dalam peringatan hari chef nasional di universitas multimedia nusantara (UMN). eky Fajrin


"Memang itu tugas yang berat, karena bukan tugas satu pihak tapi semua pihak bekerjasama untukk melestarikan makanan Indonesia. Terutama dari pihak keluarga, saya harapkan orantuga kalau punya anak kecil jangan selalu dibawa ke fast food, sesekali dibawa ke rumah makan tradisional Indonesia,"ujarnya.

Susanto melanjutkan, ICA memiliki visi membawa kuliner Indonesia menuju kuliner dunia dengan langkah-langkah melalui perwakilan ICA di sejumlah luar negeri.

Baca Juga: Hari Pajak Nasional, JMSI Banten Bareng UMN Gelar Pelatihan Pengisian SPT Pajak Tahunan

"Perwakilan ICA yang ada di 20 negara seperti Amerika, Australia mereka anggota yang disana akan mulai mempromosikan menu Indonesia,"imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kaprodi Perhotelan UMN Oqke Prawira menuturkan bahwa UMN dipercaya menjadi tempat peringatan hari chef nasional serta dalam rangka hari jadi ICA ke 16.

"Kami dari UMN bekerjasama dengan ICA dalam rangka ulang tahun ICA ke 16, tujuan kegiatan ini dalam rangka peringatan hari Chef nasional, peran kami ialah sebagai penyelenggara,"katanya.

Baca Juga: UMN dan MODENA Resmikan Kerja Samanya Dengan Peluncuran Kitchen Studio

Oqke menambahkan, dalam kegiatan ini turut dihadiri 200 chef baik dari mahasiswa pelajar dan chef nasional.

"Kami berharap kedepannya ICA dapat lebih maju lagi dan dapat mengembangkan kuliner menuju kuliner internasional,"tandasnya.  ***


Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resepsi Satu Abad PCNU Kota Tangerang

Sabtu, 4 Februari 2023 | 12:26 WIB

PMI Kota Tangerang Gelar Musyawarah Kerja 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X