• Rabu, 30 November 2022

Baznas Kota Tangerang Gelar Bimtek Pengelolaan ZIS

- Rabu, 23 November 2022 | 10:06 WIB
 Ketua Baznas Kota Tangerang KH. Aslie Elhusyairy saat memberikan sambutan (Eky Fajrin)
Ketua Baznas Kota Tangerang KH. Aslie Elhusyairy saat memberikan sambutan (Eky Fajrin)

 



LENSABANTEN.COM, KOTA TANGERANG - Badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Tangerang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan zakat infak sedekah (ZIS) bagi unit pengumpul zakat (UPZ) masjid dan musola serta yayasan di Hotel Pakons, Kota Tangerang, Rabu 23 November 2022.

Pelaksanaan bimtek ini bertujuan mengoptimalkan pengelolaan ZIS bagi UPZ yang ada di Kota Tangerang sehingga dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH. Aslie Elhusyairy menuturkan dalam sambutannya menuturkan, pengelolaan zakat dan kemakmuran masjid merupakan dua hal yang erat berkaitan. Saat ini ada sekitar 1000 masjid lebih di Kota Tangerang yang dapat dioptimalkan dalam optimalisasi ZIS.


Baca Juga: Entaskan Kemiskinan, Baznas Kota Tangerang Beri Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi ZChicken


"Untuk itulah Bimtek ini diselenggarkaan dengan tujuan dapat mengoptimalkan pengelolaan zakat bagi kemaslahatan umat,"tuturnya, Rabu 23 November 2022.

Aslie berharap masjid-masjid, musala dan yayasan yang ada di Kota Tangerang yang telah menerima pengesahan UPZ mendapatkan penguatan sehingga program-program Baznas dapat berjalan dengan baik.

Badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Tangerang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan zakat infak sedekah (ZIS) bagi unit pengumpul zakat (UPZ) masjid dan musola (Eky Fajrin)


"Saya harapkan dari forum ini kita dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan untuk terus melanjutkan kerja yang baik dan kemitraan yang kuat untuk memastikan penguatan pengelolaan zakat di Kota Tangerang,"imbuhnya.

Baca Juga: Ketua Baznas Indonesia Apresiasi Program Baznas Kota Tangerang
 
Pada kesempatan yang sama Asisten Daerah (Asda) I Kota Tangerang Deni Koswara mengatakan, bahwasannya UPZ di Kota Tangerang memiliki peran yang penting terutama dalam mengentaskan kemiskinan.

"Tujuan zakat ini adalah meringankan sudara kita yang kurang beruntung, dan ini harus dibantu sehingga mereka tercukupi dan ini menjadi bagian tugas UPZ,"ujar Deni.

Dikatakan Deni, Pemkot Tangerang melalui Baznas juga telah menggulirkan program Tangerang Emas guna membantu masyarakat yang kurang mampu. Program ini adalah bentuk bantuan bagi pelaku usaha mikro yang ada di 13 Kecamatan, terutama bagi mereka yang ada di sekitar lingkungan masjid atau musala.

Asisten Daerah (Asda) I Kota Tangerang Deni Koswara saat memberikan sambutan (Eky Fajrin)

Baca Juga: Baznas Kota Tangerang Salurkan Beasiswa ke 45 Mahasiswa

"Program ini telah berjalan sejak 2021 dengan penerima manfaat sebanyak 50 mustahik pada lima UPZ masjid. Di anggaran 2022 Baznas Kota Tangerang akan mendapatkan 20 UPZ masjid dengan target penerima manfaat sebanyak 200 mustahik,"imbuhnya.

Sementara itu peserta bimtek Fuadz dari UPZ Gerai Yatim Dhuafa di Kelurahan Petir menuturkan kegiatan Bimtek ini memberi manfaat sehingga pengelolaan zakat dapat lebih optimal.

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

  Kota Tangerang Juara Umum Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 20:54 WIB

Tim Benteng Heritage SDN Sukasari 5 Bersemangat

Sabtu, 26 November 2022 | 16:06 WIB

Satu Dekade Perjuangan Melahirkan Muslimpreneur

Rabu, 23 November 2022 | 21:45 WIB

Baznas Kota Tangerang Gelar Bimtek Pengelolaan ZIS

Rabu, 23 November 2022 | 10:06 WIB
X