Peran Nyata Kampus Umar Usman Tingkatkan Rasio Kewirausahaan Nasional

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:06 WIB
 Untuk menuju hal tersebut, Kampus Bisnis Umar Usman menghadirkan program inkubator dengan tujuan mengembangkan bisnis pelaku UMKM yang ada di Indonesia.  (Eky Fajrin)
Untuk menuju hal tersebut, Kampus Bisnis Umar Usman menghadirkan program inkubator dengan tujuan mengembangkan bisnis pelaku UMKM yang ada di Indonesia. (Eky Fajrin)

 

 


 
LENSABANTEN.COM, TANGERANG - Kampus Bisnis Umar Usman di Kota Tangerang Selatan berkomitmen untuk ikut aktif berkontribusi dalam meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia yang masih rendah yakni 3,74 persen. Angka tersebut tergolong rendah dimana idealnya negara memiliki rasio kewirausahaan sebesar 5 persen agar bisa dikatakan sebagai negara sejahtera dan maju.

Untuk menuju kesana, Kampus Bisnis Umar Usman menghadirkan program inkubator dengan tujuan mengembangkan bisnis pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

"Kita ingin berkontribusi nyata meningkatkan rasio kewirausahaan dimana pada 2012 itu masih 1,6 persen, sekarang di  2022 baru 3,7 persen. Ini menjadi tantangan kita bersama dan PR (pekerjaan rumah) buat bangsa negara kita dan harus dipikirkan dan berkolaborasi bersama,"ujar Asep Hendriana ketua Yayasan Pendidikan Umar Usman kepada wartawan, Rabu 26 Oktober 2022.

Baca Juga: Cara Ajukan Uji Lab UMKM di Kota Tangerang

Menurut Asep, saat ini tantangan yang dihadapi para pelaku usaha agar bisa bertahan dan maju tidak mudah, lantaran tantangan disrupsi saat ini masih di berbagai sektor.

"Yang diperlukan oleh mereka (pelaku usaha) adalah teman, disaat menghadapi ujian bersama-sama akan jauh lebih kuat ketimbang sendiri misal dengan komunitas atau cantolan ke inkubator. Kita belum bicara modal dan lain-lain, tapi kita bicara mereka memiliki teman atau partner itu akan memperkuat mereka dan bersemengat lagi untuk maju,"imbuhnya di kampus Umar Usman, Tangerang Selatan.

Untuk menuju hal tersebut, Kampus Bisnis Umar Usman menghadirkan program inkubator dengan tujuan mengembangkan bisnis pelaku UMKM yang ada di Indonesia. (Eky Fajrin)


Asep melanjutkan, Kampus Umar Usman di program inkubator para pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan hingga dibantu memasarkan produknya. Melalui program-program pengembangan UMKM sebelumnya sudah sekitar 4.000 pelaku UMKM dan kini ada 1.000 UMKM yang mencapai tingkat pendampingan.

Baca Juga: Mau jadi Anggota UMKM di Kota Tangerang, Simak Berikut Ini Caranya

"Hingga level pendampingan itu ada di 1000 UMKM dan saat ini sudah tahap kurasi. Dimana produk kualitasnya kita coba kurasi dan kita akan cari sampai kemudian kita bantu ke pemasaran produknya,"imbuhnya.

Yonas Dian Hermanu Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Koperasi menambahkan, bahwa program inkubator yang digulirkan oleh kampus bisnis Umar Usman menjadi langkah nyata mendukung pemerintah pusat dalam mencapai angka rasio kewirausahaan dimana di 2024 ditargetkan berada pada 3,95 persen.

Yonas Dian Hermanu Analis Kebijakan Ahli Muda Kementerian Koperasi saaat diwawancarai wartawan (Eky Fajrin)


Pemerintah pusat saat ini melalui PP 7 2021 terkait dukungan untuk UMKM terus memberikan kemudahan dari pelaku usaha non formal menjadi formal sehingga semakin maju dan berkembang, salah satunya melalui kemudahan membuat nomor induk berusaha (NIB).

Baca Juga: Entaskan Isu Pengangguran, Re-Space Cetak Tenaga Terampil dan Mandiri

"Kita akan terus mendampingi dan dukungan kepada umar usman agar tetap semakin berkembang untuk mendukung pengembangan UMKM dan mencapai target rasio kewirausahaan di 2024 serta digitalisasi UMKM."

Sebagai informasi, para pelaku usaha yang ada di Tangerang dapat mengikuti program inkubator usaha dengan mendapatkan layanan mulai dari konsultasi usaha, pengembangan usaha, akses dan layanan usaha, talent managemen bidang kewirausahaan dan profesional karir bidang kewirausahaan.

Bagi yang berminat bisa menghubungi melalui nomor telpon 0812 1396 9276 atau melalui media sosial instagram di @ibis_umarusman. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketahui! Ini 3 Kota Paling Maju di Banten

Minggu, 5 Februari 2023 | 21:10 WIB

Resepsi Satu Abad PCNU Kota Tangerang

Sabtu, 4 Februari 2023 | 12:26 WIB

PMI Kota Tangerang Gelar Musyawarah Kerja 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 20:42 WIB
X